Urus KTP Cukup Di Sekolah

Pelajar Di Gresik yang berumur  17 Th ternyata masih banyak yang tidak mempunyai KTP. hal ini terungkap sa-at sosialisasi E-KTP di SMA Negeri 1 Gresik, Selasa (20/12).

“Sosialisasi e-KTP di sekolah seperti di SMA Negeri I Gresik
diluar dugaan mendapat sambutan antusias dari kalangan pelajar,” kata Kepala Dinas Dispendukcapil Gresik, Hermanto T.Sianturi kepada wartawan.

Menurut Hermanto T.Sianturi, saat ini para pelajar berusia 17 tahun di Kabupaten Gresik, tak perlu bersusah-payah mendapatkan Kartu Tada Penduduk karena pemerintah setempat membuat layanan pembuatan KTP secara online dari sekolah mereka.

“Mereka bisa membuat KTP di sekolah masing-masing dengan sistem online,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pembuatan KTP berbasis teknologi informasi tersebut terwujud setelah pihaknya mengintegrasikan sistem jaringan teknologi informasi kependudukan hasil kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama dengan Dinas Pendidikan.

“Sejumlah sekolah, seperti SMAN 1 Gresik akan  menjadi pilot proyeknya. Nantinya, yang akan membuat KTP tidak usah pulang kampung dulu cukup di sekolah,” ujarnya.

Sebelum diterapkan di sekolah kata Hermanto T.Sianturi pembuatan KTP online ini juga  diterapkan di seluruh desa dan kelurahan.

“Sistem pembuatan KTP online tersebut terbukti lebih efektif dalam upaya menyadarkan masyarakat. Apalagi, pembuatannya kami gratiskan,” tandasnya.

Menanggapi adanya e-KTP online, Oni Gita siswa kelas 2 IPS-1 menuturkan, dirinya menyambut baik program ini apalagi tujuan memiliki KTP bisa juga digunakan mengurus SIM.

“Umur kami memang rata-rata baru menginjak 17 tahun sehingga baru mengurus KTP. Nantinya KTP tersebut akan kami gunakan untuk mengurus SIM ke Polres Gresik. Terus terang selama ini kami sering terjaring razia dan kena tilang gara-gara tidak punya SIM,” akunya.

 
Dari 960 pelajar di SMAN1 Gresik 500 pelajar yang wajib berKTP dan sayangnya kurang dari 300 siswa yang berKTP. (tik)
Rate this article!
Urus KTP Cukup Di Sekolah,5 / 5 ( 1votes )