Sambut HUT Gresik Dengan Pakaian Kurosi

#

Kabargresik_ Pakaian Khas Gresik dipakai saat apel pagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)Pemerintah Kabupaten Gresik pada Senin (4/3).

Seluruh karyawan, mulai dari Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Pejabat serta seluruh staf mengenakan Pakaian khas Gresik (PKG).

Pemakaian busana khas Gresik ini bukan tanpa sebab, seperti disampaikan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto,”Kita tampak tampil beda karena Pakaian Khas Gresik seperti  ini sudah menjadi tradisi. Setiap memperingati HUT Pemerintah Kabupaten Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik kita selalu mengenakan pakaian khas Gresik seperti ini”. katanya.

Adapun pakaian khas Gresik yang dimaksud, untuk pria adalah pakaian seperti busana khas Jawa Timuran, hanya beda warna yaitu berwarna putih dan berpeci. Dibagian pinggang dililitkan kain sarung sampai selutut. Sedangkan untuk busana wanita memakai kain lengkap dengan kebayanya serta ditambah kerudung jilbab. Sedangkan hal yang berbeda yaitu pengenaan kurosi, yaitu semacam kerudung sarung.

Kurosi adalah kerudung khas Gresik. Pada wanita Gresik tempo dulu terutama wanita Pegiren yaitu masyarakat di sekitar Sunan Giri. Kurosi ini berfungsi ganda, selain untuk kerudung, karena bentuknya seperti sarung maka kerudung tersebut berfungsi sebagai pembawa barang saat dari pasar. Pada pakaian khas Gresik masa kini, kurosi ini berbeda dengan kurosi jaman dahulu. Kurosi sekarang terbuat dari kain tipis transparan yang dipadu dengan berbagai motif bordir.

Sementara Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya, pemakaian PKG ini selama  sehari yaitu hari Senin, sedangakan hari Selasa dan Rabu, PNS Pemkab Gresik mengenakan Busana muslim. Masih menurut Andhy, Pakaian Khas Gresik ini sesuai Surat Edaran Bupati.

“Pemakaian Busana Khas Gresik ini sekedar meneruskan tradisi dimana diberlakukan pada rangkaian peringatan HUT Pemkab Gresik ke 39 yang jatuh pada 27 Pebruari 2013 dan Hari Jadi Kota Gresik yang ke 526 jatuh pada 9 Maret 2013”. (Tik)

 

Editor: zumrotus S

About Editor02

Check Also

Ini Alasan DPUTR Tidak Bayar Air Giri Tirta Selama 6 Bulan

Gudang  Unit Reaksi Cepat (URC) Bima DPUTR Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Kebomas tak dialiri air dari Perumda Giri Tirta, pasalnya menunggak tagihan air selama 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.