Sedekah Bumi Masih Bertahan Di Dahan Rejo Kebomas

#

rps20160827_113539_402.jpgKabargresik.com – Sedekah bumi atau bersih desa merupakan tradisi budaya adiluhung bangsa Indonesia yang hakikatnya adalah sebagai perwujudan rasa syukur manusia kepada sang PenciptaNya.

 

Dusun Dahan Rejo Lor melaksanakan tradisi ini rutin setiap bulan Selo begitu kata Misdi, ketua panitia dalam pembukaan sambutannya di halaman Balai Dusun Dahanrejo Lor. “Acara sedekah desa ini kami lakukan setiap bulan Selo dan rutin setiap tahun” tuturnya.

 

Sekitar 300 buah tumpeng yang isinya bermacam – macam aneka jenis makanan dan buah -buahan  ditata rapi dan  berjajar 2(dua) baris yang merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat dari Yang Maha memberi Nikmat.

 

Ada satu hal yang menjadi ciri khas dari tumpeng itu adalah adanya Krupuk Rengginang yang berbahan ketan berbentuk seperti tubuh manusia. Menurut salah satu tokoh masyarakat hal tersebut sebagai simbol bersatunya antara hati dan perkataan.

 

Sementara itu menurut Nur Kholis, Kepala desa Dahanrejo bahwa desanya yang merupakan jantung dari Kota Gresik tetapi tetap merawat budaya luhur yang sudah ada turun temurun sejak dulu. “Walaupun Dahanrejo berada di jantung kota Gresik tetapi tidak bisa meninggalkan begitu saja tradisi yang sudah menjadi budaya dari leluhur kita” katanya

 

Lebih lanjut M.Qosim,Wakil Bupati Gresik dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa sedekah bumi ini selain wujud syukur juga harus ikhlas. “Ibarat memancing kalau umpan nya besar maka kemungkinan dapat lebih besar,begitu juga kalau rasa syukurnya besar maka insya Allah dibalas dengan rejeki yang lebih besar” ujarnya.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh H. Iskandar D Syaichu, anggota DPR RI dari FPPP yang berangkat dari Dapil 9  kemudian jajaran Muspika Kecamatan Kebomas dan Perangkat Desa Dahanrejo serta tampak pula mahasiswa KKN dari Universitas Gresik membaur dengan warga masyarakat.

 

Kegiatan sedekah bumi tersebut rencananya akan dipuncaki dengan Pagelaran wayang kulit nanti malam di balai dusun desa Dahanrejo Lor. (Prast)

About Editor02

Check Also

Poedianto Ciptakan 207 Lagu Jawa Selama Pandemi

# Selama pandemi covid 19 tak mengurangi kreativitas Poedianto, Guru SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.