Senin Awal Ramadhan

#

Tim rukyatul hilal yang berada di bukit Condrodipo Gresik saat melakukan observasi di balai rukyat Minggu sore (31/7), tiga orang yang melihat hilal. Ini berarti awal bulan Ramadhan jatuh pada hari Senin 1 Agustus 2011.

Dalam observasi di balai rukyat bukit condrodipo desa kembangan kecamatan kebomas Gresik, tim rukyatul hilal yang terdiri dari departemen agama kabupaten Gresik, lajnah falakiah PC NU kabupaten Gresik sesuai dengan sidang nisbat menyatakan dapat melihat hilal.

Tiga orang yang mengetahui hilal mengaku melihat hilal pada pukul tujuh belas dua puluh lima hingga tujubelas tiga puluh enam, dengan azimut hilal miring ke selatan . Adapun hilal terlihat menurut pengakuan peserta rukyatul hilal yang telah disumpah karena melihat hilal, Mohammad Ichwanuddin selama 4 menit.

Observasi atau rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan ini, selain menggunakan mata telanjang, juga dilakukan dengan mengunakan alat teropong yang dibantu peralatan sistem informasi online yang terhubung langsung dengan berbagai daerah di nusantara yang juga melakukan kegiatan rukyat penentuan awal Ramadhan.

Dari pemantauan yang dilakukan , kondisi cuaca cerah dan sedikit diselimuti awan tipis pada saat tenggelamnya matahari namun posisi hilal masih bisa dilihat. Akhirnya sidang isbat yang digelar usai prosesi rukyatul hilal di bukit condrodipo ini, hakim pengadilan agama Gresik yang memimpin sidang memutuskan hilal terlihat, sehingga awal bulan Ramadhan jatuh pada hari senin, 1 Agustus 2011.

Bukit condrodipo sendiri berada pada ketinggian seratus dua puluh meter dari permuka-an laut sehingga tidak mengganggu pandangan sa-at melihat hilal. (tikon)

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.