Menu

Mode Gelap
Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik Pantura Gresik Dikepung Banjir Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

PEMERINTAHAN · 12 Jan 2023 18:12 WIB ·

Target 25% Identitas Kependudukan Digital di Gresik 2023


 Target 25% Identitas Kependudukan Digital di Gresik 2023 Perbesar

Identitas kependudukan digital (IKD) warga Gresik masih minim, targetnya pada tahun ini, 5 ribu orang menginstal aplikasi atau sekitar 25% dari penduduk yang melakukan perekaman.

Kepala Dispendukcapil Gresik, Hari Syawaluddin mengatakan, gerakan masif digitalisasi kependudukan dimulai. Implementasi program ini diawali oleh aparatur sipil negara (ASN).

“Kami yakin pendaftaran IKD secara digital ini akan sukses, apalagi sudah ada surat dari Pak Bupati nanti diawali ASN,” katanya di Sekretariat KWG, Jalan Basuki Rahmad 08 Gresik, pada Kamis (12/1/2023).

Hari menyatakan, setalah para ASN,  masyarakat juga diimbau untuk menggunakan IKD. Salah satu percepatan program ini, dalam waktu dekat Dispendukcapil akan membuka layanan di salah satu gerai Mall.

Namanya Dukcapil ngemal. Layanan kependudukan yang rencananya akan dilaksanakan 19-20 Januari 2023.

“Akan kami sosialisasikan masif kepada masyarakat, termasuk kami akan membuka layanan di Mall,” imbuh dia.

Mantan Sekretaris Diskominfo menerangkan, dalam pemanfaatan IKD ini akan memudahkan administrasi serta penghematan anggaran karena tidak memakai cara manual percetakan.

“IKD diharapkan dapat membuat pelayanan adminduk menjadi semakin mudah, cepat, efektif dan efisien. Dalam aplikasi ini memuat data KTP, KK, KIS dan sejenisnya,” ujarnya.

Persyaratan pembuatan IKD yaitu pemohon mempunyai smartphone dan sudah pernah punya KTP atau pernah melakukan perekaman biometric. Selain itu nomor HP pemohon juga memiliki paket data internet atau HP terhubung dengan internet.

Sebelum IKD dapat digunakan, dilakukan otentifikasi identitas yang terdiri otentifikasi data dan otentifikasi wajah secara sistem. Otentifikasi wajah secara sistem dilakukan dengan cara menyandingkan foto selfie dengan foto di database.

“Nanti dilakukan pada saat penerbitan QR Code oleh operator SIAK. Penerbitan IKD dilakukan secara berkelanjutan sehingga IKD dapat menggantikan KTP,” ucap Hari.

Selain itu Dispendukcapil Gresik juga mempercepat pembuatan Kartu identitas anak (KIA), Dinas yang bertempat bersebelahan dengan kantor DPRD Kab Gresik juga kerjasama dengan tenant permainan anak di Mall serta tempat wisata. “Mereka yang membawa KIA akan mendapatkan diskon khusus dan ini satu diantara pemanfaatan lain dari KIA” tutup Hari dalam dialog. (Tik)

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hoaks OTT OPD Gresik Pengaruhi Psikologi Pejabat

25 Januari 2023 - 18:01 WIB

Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik

16 Januari 2023 - 07:00 WIB

595 Warga Bawean Akhirnya Pulang Dengan KRI dr. Soeharso

29 Desember 2022 - 22:20 WIB

Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

16 Desember 2022 - 22:03 WIB

Gresik Kirim Bandeng Untuk Peyintas Gempa Cianjur

16 Desember 2022 - 17:15 WIB

Sendang Putri Icon Desa Berdaya Domas

11 Desember 2022 - 14:53 WIB

Trending di Lingkungan