Waspadai Tahapan Pendaftaran Calon

#

image
Sufiyanto: Ketua Bawaslu Jatim. (Foto: tikon/kabargresik.com)

Kabargresik_ Tahapan Pendaftaran Pilbup hari ini memasuki masa Pendaftaran Calon, namun Bawaslu Jatim punya kekhawatiran tinggi, sehingga memberi tekanan pengawasan pada tahapan tersebut. Ada apa.

Ketua Bawaslu Jatim, Sufiyanto saat menutup Bimtek Panwascam se Kab Gresik di Batu (26/7) mengatakan, tahapan Pendaftaran bisa menjadi masalah besar dalam proses Pilkada selanjutnya.

“Selain data pemilih, tahapan pendaftaran calon bisa menjadi titik rawan pengawasan.” ujar Sufiyanto

Menurut Sufiyanto, data yang dipunyai Bawaslu Jatim menyebut banyak kisruh Pilkada berawal dari proses Pendaftaran Calon kepala daerah yang tidak mengikuti regulasi yang sebenarnya.

“Data kami menyebutkan kisruh Pilkada di Jatim banyak diawali dari masalah proses pendaftaran, seperti kasus Kabupaten Mojokerto, Tuban, Sumenep pada Pilkada yang lalu,” terang Sufiyanto.

Bawaslu Jatim mengintruksikan kepada Panwaslih Kabupaten dan Kota untuk lebih telityi dalam pengawasan tahapan Pilkada terutama tahapan Pencalonan.

Pilbup di Gresik hingga saat ini sudah muncul 2 pasangan calon diantaranya, Sambari Halim Radianto bersama M Qosim diusung Partai Demokrat dan PKB, sementara itu Khusnul Khuluq bersama A Rubai diusung PAN dan PDIP. (Tik)

Editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

Kasus Manusia Menikah Dengan kambing: Pelapor Belum Menerima Salinan SPDP

# Para pelapor dugaan penistaan agama dalam pernikahan manusia dengan¬† kambing di Desa Jogodalu, Kec. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.