Garling Diaktifkan Kembali

#

image

Kabargresik_  Gardu Suling di Jl Basuki Rahmad Gresik, merupakan salah satu bangunan bersejarah Kabupaten Gresik akan kembali aktif. Pada  Kamis Sore (21/11/2013), nampak  beberapa mekanik membenahi Gardu Suling yang dibangun oleh Belanda pada 4 Agustus 1929, lalu.

Pemfungsian kembali Gardu Suling yang juga merupakan aset PLN ini dikerjakan atas kerjasama Komunitas Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik (MATASEGER) dengan PJB dan Dinas PU Kabupaten Gresik.

Ketua Mataseger, Kris Adji AW yang tampak memantau difungsikannya kembali Gardu Suling  menyatakan bahwa pemfungsian kembali Gardu Suling ini untuk membangkitkan kembali kenangan dan peninggalan sejarah yang ada di Gresik.

 “Kita mencoba memfungsikan kembali Gardu Suling ini dengan cara memperbaharui Sirine, Tudung Sirine serta dilengkapi dengan timer otomatis,” kata Kris

Untuk sementara sirine dari Gardu Suling akan berbunyi saat Sholat Jum’at akan berlangsung, “Sementara timer otomatis kita setting  tiap jum’atan,” pungkas Kris.

Sementara itu, untuk sirine yang lama, dengan bobot hampir 1 kwintal akan diabadikan di Musem Gresik. Rencananya, peresmian pengaktifan Gardu Suling ini akan dihelat pada Minggu 8 Desember mendatang. Sebab, pada tanggal itu (8 Desember 1945) merupakan hari bersejarah perlawanan arek-arek Gresik dalam mempertahankan wilayah Gresik dari serangan Penjajah Belanda.  (Chidir).

Editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.