Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

komunitas · 10 Sep 2022 20:19 WIB ·

Lahan Makam Umat Kristiani Di Gresik Tinggal 10 Persen


 Lahan Makam Umat Kristiani Di Gresik Tinggal 10 Persen Perbesar

Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kabupaten Gresik mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk memberikan perhatian terhadap Makam Kristen di Jl Jaksa Agung Suprapto, Gresik yang saat ini kapasitasnya tinggal 10 persen.

Ketua Bamag Kabupaten Gresik, Pdt. Royke David menyampaikan bahwa, makam ini merupakan makam utama umat Kristen dan Katolik yang ada di Kabupaten Gresik. Untuk itu ia mengkhawatirkan jika lahan makam tidak segera ditambah, maka beberapa tahun ke depan akan habis.

“Makam merupakan kebutuhan yang penting bagi semua umat beragama. Sedangkan keberadaan Makam Kristen dan Katolik di Gresik tidak banyak. Makam di Jaksa Agung Suprapto yang saat ini lahan kosongnya tinggal sedikit adalah pemakaman utama bagi kebanyakan umat Kristen dan Katolik yang ada di Gresik,” ungkap Pdt. Royke saat melakukan kerja bakti di makam Kristen- Katolik, Sabtu (10/9).

Adapun luas lahan Makam Kristen tersebut saat ini memiliki luas dengan panjang sekitar 100 meter dan lebar 50 meter. Lahan tersebut saat ini diisi  sekitar 400 makam.

“Sementara untuk menyiasatinya, kami akan menumpuk makam yang ada, tapi yang sudah tidak lagi dirawat atau tidak kita ketahui keluarganya. Sekitar ada 30 makam yang akan kami tumpuk,” tandasnya.

Untuk itu, Pdt Royke dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan Pemkab Gresik untuk mencari solusi atas problem ini. Harapannya akan ada upaya dari Pemkab untuk umat Kristen  dan Katolik mendapat tambahan lahan makam.

“Kami berharap ada perhatian dari Pemkab Gresik, dan problem kami ini didengar oleh Bupati kami, Bapak Fandi Akhmad Yani dan wakil rakyat lainnya yang duduk di DPRD Kabupaten Gresik,” pungkasnya Pdt Royke. (Tik)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dua Sejoli Curi Motor Di Roomo

29 September 2022 - 16:42 WIB

Ekspedisi Bengawan Solo Berakhir Di Bedanten

15 Agustus 2022 - 12:18 WIB

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

23 Juni 2022 - 11:21 WIB

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

16 Juni 2022 - 17:57 WIB

113 Jemaah Haji SIG Berangkat Di Dua Kloter

15 Juni 2022 - 23:53 WIB

Geger Lelaki Gresik ini Nikahi Kambing Dengan Cara Islam

6 Juni 2022 - 13:12 WIB

Trending di komunitas