Tangkapan layar google.com untuk pencarian dengan kalimat anis baswedan ke gresik.

Menelusuri Jejak Digital Anies Baswedan Saat Ziarah Ke Gresik

Kehadiran gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Gresik dalam rangka ziarah makam wali Maulana Malik Ibrahim dan Makam ulama Habib Abu bakar Assegaf sempat menggegerkan jagat perpolitikan di Indonesia, Anies dituding melakukan Safari politik untuk dukungan dia menjadi calon dalam Pilpres 2024 mendatang.

kabargresik.com Menelusuri jejak digital Anies Baswedan saat berkunjung di Gresik.

Dalam penelusuran di mesin pencarian Google, ada sekitar 370.000 hasil pencarian dengan keyword ‘Anies Baswedan ke Gresik’

Hasil pencarian ini dilihat di hasil pencarian Google tepat pada pukul 2.32 Minggu 14 November 2021.

Dalam pencarian di Google tersebut, berita utama yang tampil adalah berita dari Tempo, JPNN dan CNN Indonesia.

Tempo menulis judul ke makam sunan Gresik Anies Baswedan : ini murni ziarah

jpnn.com memberi judul Safari ke Jatim Anies Baswedan datangi Gresik cuma untuk satu tujuan.

Sementara CNN Indonesia menulis judul, Anies Baswedan ziarah ke makam sunan Gresik.

Dari ketiga media tersebut media yang paling awal muncul di mesin pencarian Google adalah CNN Indonesia terlihat tertulis (1 hari lalu) sementara tempo tertulis 13 jam lalu dan jpnn.com tertulis 17 jam yang lalu.

Hampir semua media yang menulis terkait dengan kehadiran Anies Baswedan ke Gresik dikaitkan dengan jelang Pilpres yang akan datang.

Hal ini juga terlihat seperti judul di liputan6.com dengan  judul Anies Baswedan ziarah ke sunan Gresik pemanasan jelang Pilpres.

Terkait dengan sumber berita, tidak semua media menulis atas dasar hasil liputan sendiri, beberapa di antaranya mengutip berita dari antaranews.com.

Di akun sosial media Facebook beberapa akun memposting berita terkait dengan kegiatan ziarah di makam Maulana Malik Ibrahim akun-akun tersebut juga milik media massa yang memberitakan kegiatan Anies Baswedan tersebut.

Beberapa yang lain hanya melakukan kan repot dari berita-berita yang sudah beredar di jagat Maya.

Di akun pendukung Anies dengan nama  sobat Anis ada dua video yang diunggah terkait dengan kehadirannya di Jawa Timur.

Pertama video kehadiran Anies di rumah ketua PWNU Jawa Timur di Malang yang diunggah kompastv dan video ke-2 saat Anis usai menjadi pembicara diskusi di Surabaya yang diunggah antara tv.

Kedua unggahan status di Facebook tersebut ditanggapi beragam, namun banyak yang menanggapi positif terkait kehadiran Anies Baswedan di Jawa Timur dan hampir semua menanggapi kehadiran Anis merupakan pemanasan mesin untuk pilpres 2024.

Tangkapan layar twitter.com untuk pencarian dengan kalimat anis baswedan berkunjung ke gresik.

Kabargresik.com mencoba menelusuri keyword Anies Baswedan berkunjung ke Gresik juga melalui  Twitter, namun keyword tersebut tidak menemukan kata atau kalimat sepadan, sehingga pencariannya kosong.

Dalam akun resminya  Anies Rasyid Baswedan yang sudah terverifikasi, juga tidak terlihat unggahan terkait dengan kunjungannya di Gresik.

Terakhir akun Anies Baswedan di Twitter pada Ahad (14/11/2021) mengunggah informasi terkait dengan peraihan juara umum dalam anugerah media humas 2021 dari badan koordinasi hubungan masyarakat kemenkominfo.

Media sosial Instagram juga kami lakukan penelusuran terkait dengan kehadiran Anies Baswedan di Gresik,

Kabargresik.com juga melihat akun Anies Baswedan dengan nama @aniesbaswedanreal, namun tidak ditemukan adanya aktivitas baik foto maupun narasi video tentang kehadirannya berkunjung ke makam sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim.

Kehadiran Anies Baswedan ke Gresik untuk ziarah di makam sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim menjadi ramai dikarenakan suhu politik Pilpres sudah mulai memanas.

Kenapa kedatangan Anies Baswedan ke Gresik dalam rangka ziarah di makam Malik Ibrahim menjadi istimewa dalam pemberitaan, dan dikaitkan dengan perpolitikan di Indonesia, Hal ini dikarenakan dalam tradisi Islam terdapat istilah ziarah atau orang Jawa menyebut sebagai tradisi nyekar.

Dalam ritual nyekar, disamping mendoakan kepada yang mati, ada juga beberapa orang yang meyakini dengan kehadirannya di makam leluhurnya bisa digunakan untuk memohon doa restu atas hajat yang akan kan dilaksanakan.

Sering kita melihat di masyarakat Jawa, tradisi nyekar menjadi ramai pada saat-saat ada hajatan sunatan, pernikahan maupun seseorang mau melaksanakan tugas atau bekerja di luar kota.

Fenomena inilah yang ditafsirkan oleh beberapa orang, bahwa kehadiran Anies Baswedan di Gresik dan ziarah makam wali Gresik merupakan  ikhtiar untuk maju pada pilpres 2024 mendatang.

Walaupun dalam sanggahannya saat bertemu wartawan usai ziarah di makam Maulana Malik Ibrahim, Anies Baswedan mengatakan bahwa kehadirannya di Gresik adalah murni ziarah ke makam wali Gresik, yang merupakan wali tertua dalam jajaran wali songo. (Tik)

About Editor02

Check Also

MDMC Turun Warga Cermen Dapat Pengobatan Gratis

Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kab Gresik melakukan pengobatan gratis bagi warga korban banjir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *