Satpam Harus Siap Hadapi MEA

Kabargresik_ Ratusan personil Satuan Pengamanan (Satpam), Rabu (30/12) pagi mengikuti acara perayaan HUT Satpam ke-35 di halaman Mapolres Gresik. Peringatan yang juga digelar serentak di seluruh indonesia ini dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik, Inspektur Upacara AKBP Ady Wibowo dan diikuti oleh anggota Satpam dan Pol-PP Kabupaten Gresik.

Acara ini dihadiri Sekda Pemkab Gresik Bambang Isdianto, Dandim 0817, Kejari Gresik, Muspida dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres membacakan langsung amanat dari Kapolri, Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, dimana keberadaan Satpam sebagai mitra Polri diharapkan mampu menciptakan keamanan swakarsa di lingkungan masyarakat, serta mampu dioptimalkan.

Lebih lanjut dikatakan, tahun 2016, Indonesia telah siap menghadapi momentum yang sangat kompetitif yaitu pengintegrasian kawasan ASEAN atau dikenal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana pemberlakuan tersebut akan membawa tantangan bagi bangsa Indonesia dimana akan hadir investor asing dan dalam negeri dalam menanamkan sahamnya di berbagai bidang usaha dan industri di negara ini.

Selain itu, dampak dari pemberlakuan MEA tersebut, komoditi asing, tenaga kerja asing yang akan membawa budaya asing di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan Satpam harus bisa berfungsi dalam menghadapi potensi ancaman keamanan ketertiban masyarakat (Kantibmas).

“Satuan pengamanan harus mampu menciptakan soliditas, dan profesionalitas dalam bekerja sehingga tercipta suasana keamanan dan ketertiban yang diharapkan masyarakat, khususnya saat dimulainya pemberlakuan MEA tahun depan”, kata AKBP Ady Wibowo .

Di samping itu, sejalan dengan upaya profesionalisme anggota Satpam, hendaknya peningkatan sisi integritas sisi melalui pembinaan dan pengawasan yang efektif serta berkesimbangan antara Polri dengan BUCP.

“Melalui pembinaan kemampuan teknik yang professional yang dilengkapi sisi integritas moral yang tinggi, maka tugas yang diemban oleh Satpam mampu berjalan dengan baik”,ujarnya.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat yang bertugas dalam satuan pengamanan agar mampu melaksanakan pedoman yang telah diterapkan yakni tingkatkan disiplin, integritas, soliditas, dedikasi dan profesionalisme sebagai pengemban polisi yang terbatas dan garda terdepan dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa, kemudian tingkatkan pengetahuan, kompetensi, kemampuan dan keterampilan guna menunjang tugas pelaksanaan di lapangan. Tampilkan prilaku yang peka dan waspada, agar mampu menghadapi gangguan kantibmas yang akan terjadi di lokasi bertugas. Upaya prefentif harus dilakukan selama bertugas.

“Satpam harus memiliki pedoman dalam melaksanakan tugas di lapangan serta mampu menerapkannya sehingga suasana ketertiban dan keamanan dapat tercipta”, harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Gresik melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada 4 orang petugas pengamanan, lantaran dinilai telah berhasil dalam menciptakan suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat serta mampu menghentikan tindak kriminal pencurian di lokasi PT. Wilmar Nabati Indonesia Kabupaten Gresik. (Yudi Handoyo/K1)

About Editor02

Check Also

Bea Cukai Gresik Sosialisasikan Penggunaan Cukai Rokok Legal Di Bawean

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bersama Bea Cukai terus menekan penggunaan rokok ilegal tanpa cukai. Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *