Menu

Mode Gelap
Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal Agar BUMD Gresik Tidak Merugi, Ini Solusinya Pemuda Bedanten Tagih Janji Ring 1 KEK

KESEHATAN · 25 Apr 2016 08:20 WIB ·

Tips Agar Si Kecil Tidur Pulas


 foto: istimewah Perbesar

foto: istimewah

foto: istimewah

foto: istimewah

kabargresik_  Kenapa bayi suka tidur lebih lama dari orang dewasa, dan bagaimana agar bayi bisa tidur lebih pulas. berikut kabargresik.com sajikan tips khusus untuk anda.

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi bayi.  75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat si kecil tidur. Hormon ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, mengatur metabolisme tubuh, mengurangi level hormon stres, memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh (mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak). Aliran darah ke otak juga meningkat selama tahap tidur aktif (Rapid Eye Movement) sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang otaknya.

Sebaliknya kurang tidur akan berakibat buruk bagi si kecil. Kadar sel darah putih akan menurun dan menyebabkan daya tahan tubuhnya juga menurun sehingga ia gampang sakit. Maka membantu si kecil untuk memiliki kualitas tidur nyenyak adalah tugas kita. Karena dengan tidur nyenyak, kuantitas tidur yang dibutuhkan si kecil akan terpenuhi. Adapun lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi sesuai usianya adalah sebagai berikut: saat bayi berusia 0 – 3 bulan ia membutuhkan waktu 16 sampai 18 jam, usia 3 – 6 bulan membutuhkan waktu 16 jam, usia 6 – 12 bulan membutuhkan waktu 14 jam dan 12 bulan ke atas membutuhkan waktu 12 sampai 13 jam.

Nah, mengingat betapa penting aktivitas tidur bagi si kecil hendaknya kita membantu si kecil agar tidur nyenyak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat si kecil tidur nyenyak dan pulas seperti disarankan ummionline:

1. Jauhkan dari kebisingan

Bayi memiliki refleks moro (kaget ketika tidur). Hal ini memang biasa, namun jika Bunda tidak menjaga tidurnya jauh dari suara bising, ia akan terganggu. Agar nyenyak dan pulas, tidurkan si kecil di tempat tenang yang jauh dari kebisingan.

2. Putarkan murotal Al Qur’an

Cara ini bisa kita gunakan ketika lingkungan tidak bisa jauh dari kebisingan. Dengan memutarkan murotal, si kecil tak akan kaget ketika ada suara-suara baru yang muncul dari luar kamar. Disamping itu, ketika tidur pun bayi tetap bisa belajar.

3. Bedong si kecil

Untuk bayi usia 0 – 3 bulan, membedongnya dapat membuat si kecil tidur nyenyak dan lebih lama karena ia merasa hangat, aman dan nyaman bagai di dalam pelukan ibu.

4. Pakaikan pampers

Bayi sering pipis bahkan dalam tidurnya. Dan setiap kali pipis, ia akan merasa risih sehingga membuatnya terbangun dari tidur nyenyak. Memakaikan pampers akan membuatnya merasa nyaman dan tidur lebih lama karena tak perlu sering berganti popok. Namun ada sebagian bayi yang meski diganti popoknya tetap tidur pulas.

5. Ciptakan suasana hangat dan nyaman

Siapapun akan nyenyak dan pulas dalam tidurnya ketika kondisi hangat dan nyaman. Bunda bisa menciptakan suasana kamar si kecil agar nyaman dengan membersihkan kamar setiap hari, merapikan tempat tidurnya dari berbagai benda yang tak perlu, memberikan pengharum ruangan agar udara terasa segar dan memberi ventilasi udara yang cukup agar kamar tidak pengap.

6. Nyalakan kipas/AC

Jika cuaca sedang panas, Bunda bisa menyalakan kipas angin atau AC. Namun jangan sampai si kecil kedinginan karenanya. Buat agar kondisinya berada pada suhu normal antara 36 – 37 o C.

7. Mandi 2x sehari

Kuantitas keringat bayi lebih banyak dari orang dewasa. Bahkan ketika ia tidur pun keringat seringkali menyembul dari pori-porinya. Mandi di pagi dan sore hari selain membersihkan badan dari kuman dan bakteri dapat membuat si kecil nyaman dan nyenyak dalam tidurnya.

8. Berikan pijatan

Meski aktivitas si kecil berkutat pada makan-bermain-pipis-pup-tidur, namun ia membutuhkan pijatan agar terhindar dari rasa lelah dan pegal-pegal. Bunda bisa memberikan pijatan ringan pada pagi dan sore hari saat ia mandi. Selain dapat membuat tidur si kecil nyenyak, pijatan memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan pernapasan, mengurangi stres dan ketegangan, serta meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi.

9. Tidurkan dalam kondisi kenyang

Sebelum menidurkan si kecil, Bunda harus memastikan perutnya dalam kondisi kenyang. Siapapun bahkan orang dewasa tak akan bisa tidur nyenyak kala perut sedang keroncongan menahan lapar. (diolah dari berbagai sumber/k1)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Blower PT Hutan Lestari Terbakar 6 Korban Luka Parah

24 Juni 2022 - 19:41 WIB

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

23 Juni 2022 - 11:21 WIB

Ini Alasan Polres Gresik Hadang Truk Pengangkut Sapi

11 Mei 2022 - 09:06 WIB

Di Cek Bu Min : Sahli Sudah Tercover Bantuan Sosial

23 Maret 2022 - 23:32 WIB

Pelayanan Emergency Puskesmas Sidayu Sangat Buruk

16 Maret 2022 - 19:48 WIB

Untuk Lindungi Pekerja SP LEM SPSI Gresik Gelar Vaksin Boster

26 Februari 2022 - 12:16 WIB

Trending di KESEHATAN