Menu

Mode Gelap
Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik Pantura Gresik Dikepung Banjir Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

Doa · 25 Jan 2023 16:49 WIB ·

Tips Bayar Hutang Dengan Enteng


 Tips Bayar Hutang Dengan Enteng Perbesar

Hutang bagi banyak orang menjadi sesuatu yang sering memberatkan, baik yang dihutangi maupun yang berhutang. Seringnya terjadi perselisihan karena adanya wanprestasi dari yang dihutangi menyebabkan renggangnya persaudaraan.

Bagaimana agar bisa melunasi hutang dengan baik dan tidak menjadi masalah renggangnya persaudaraan. Islam telah memberi cara yang baik untuk berhutang.

  1. Bersungguh-sungguh dalam mencari penghasilan agar bisa membayar hutang tepat waktu.
  2. Berusaha untuk mengurangi pengeluaran sehingga lebih banyak uang yang tersedia untuk membayar hutang.
  3. Berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dalam menyelesaikan hutang.
  4. Mencari solusi yang baik dan adil dengan pemberi hutang, seperti negosiasi jangka waktu pembayaran yang lebih panjang.
  5. Menjaga ikatan baik dengan pemberi hutang.
  6. Bersedia untuk memberikan jasa atau barang yang sesuai dengan hutang yang harus dibayar.
  7. Membayar hutang tepat waktu, jangan sampai terlambat
  8. Jika memungkinkan, membayar lebih dari jumlah yang diharuskan untuk mengurangi jumlah hutang dan mempercepat proses penyelesaian.

Dalam Al-Quran, terdapat beberapa ayat yang dapat digunakan sebagai doa untuk menyelesaikan hutang. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Surat Al-Baqarah ayat 286: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”
  2. Surat Al-Maida ayat 1: ” Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki..”
  3. Surat Al-Anfal ayat 29: “Katakanlah: “Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”
  4. Surat Al-Taghabun ayat 11: “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Doa Agar Tetap Terjaga Sholatnya

7 Agustus 2022 - 04:25 WIB

Hukum Orang Yang Meminta-minta Dalam Islam

16 November 2021 - 08:10 WIB

Kalau Lagi Galau Baca Do’a Ini

28 Juli 2016 - 18:45 WIB

Trending di Doa