HUT Ke 73 PMI Gresik Peroleh 17 Ribu Kantong Darah

kabargresik.comPalang Merah Indonesia (PMI) ke 73 pada Jum’at (28/9/2018) memperingati hari ulang tahun. PMI Gresik memberikan penghargaan kepada Para Pendonor darah darah Gresik yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali, 75 kali dan 50 kali.

Penghargaan diberikan Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim. Didampingi ketua PMI Gresik, M. Nadjib, Qosim yang mewakili Bupati Gresik menyematkan PIN secara simbolis kepada pendonor 50 kali. Selain itu Wabup Qosim juga menyerahkan piagam penghargaan kepada seluruh pendonor 100, 75 dan 50.

Menurut Qosim saat menyampaikan sambutan, Pendonor 100 kali pin diberikan oleh Presiden RI. Pendonor 75 kali pin diberikan oleh Gubernur Jawa Timur.

“Saat ini kami mewakili Bupati menyematkan PIN kepada pendonor 50 kali. Kami mewakili masyarakat Gresik menyampaikan banyak terima kasih kepada para pendonor. Para Pendonor ini tak hanya mengharumkan nama Gresik, tapi juga telah menyelamatkan ribuan nyawa” tandas Qosim.

Pada kesempatan itu Qosim mengajak seluruh elemen masyarakat, perusahaan dan pengusaha serta kelompok masyarakat agar mendukung PMI. Dan terima kasih kepada dunia usaha yang telah banyak membantu program PMI.

“Orang akan sadar dan merasa pentingnya donor darah dan PMI ketika dia sudah mengalami sakit. Jadi jangan sampai menunggu sakit untuk menjadi pendonor” papar Qosim.

Ketua PMI Gresik, Mohammad Nadjib mengatakan target perolehan darah pada tahun 2017 melebihi perkiraan. Dari target 22 ribu perolehan sampai akhir 2017 mencapai 22.130 kantong. Pada 2018 kami mentargetkan perolehan darah di PMI Gresik 22.700 kantong. Namun sampai pertengahan September 2018 baru tercapai 17.325 kantong.

“Kami berharap bantuan semua pihak agar target kami tahun 2018 bisa tercapai. Selama ini darah darah tersebut didistribusikan ke 50 rumah sakit di Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto dan Pamekasan.” ujar ketua PMI Gresik yang juga mantan Sekda Gresik ini.

Pada kesempatan itu Ketua PMI juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik yang telah banyak membantu dan mendukung program PMI Gresik. Bantuan dari Pemkab Gresik sebesar Rp. 7 miliar berupa Gedung.

“Sampai saat ini bantuan tersebut masih berlangsung dengan pembangunan Gedung tahap III yaitu penambahan ruang donor darah dari 3 ruang menjadi 6 ruang” ujar Najib didepan para undangan yang terdiri para pendonor, para kepala OPD, perwakilan perusahaan serta dari Marinir TNI AL yang diwakili oleh Komandan Batalyon Kesehatan Marinir, Letkol drg Bahtiar Efendi. (Sit)

Tags: