Menu

Mode Gelap
Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik Pantura Gresik Dikepung Banjir Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

KESEHATAN · 17 Des 2022 17:05 WIB ·

Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng


 Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Perbesar

Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Aisyiyah Benjeng mengadakan kegiatan sosialisasi penyakit TBC kepada wali murid PAUD dan TK Aisyiyah se-wilayah Kecamatan Benjeng, Sabtu (17/12/2022)

Acara yang diadakan di Aula Sang Surya SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Gresik ini mendapat sambutan yang baik dari para wali murid yang hadir. Mereka terlihat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Benjeng.

Dibuka dengan sambutan oleh Ketua PC Aisyiyah Benjeng, Mudiana, menyampaikan kegembiraannya bisa mengadakan kegiatan yang dinilainya sangat positif ini. “Saya merasa senang sekali bisa mengadakan kegiatan sosialisasi ini kepada wali murid PAUD dan TK ABA se-Kecamatan Benjeng. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini wawasan kita semakin luas terhadap penyakit TBC baik pencegahan maupun cara penyembuhannya,” ujarnya.

Sementara dari pihak Puskesmas yang diwakili oleh Koordinator Program TB, Muhammad Mahrus memaparkan tentang perkembangan penderita TBC di Kecamatan Benjeng sepanjang tahun 2022 ini. “ Selama tahun ini kami sudah melakukan screening di wilayah Kecamatan Benjeng. Ada 500-an suspect yang sudah kita cek laboratorium ke Puskesmas dan 65 pasien dinyatakan positif TBC. Pihak Puskesmas Benjeng siap mendampingi para penderita dengan layanan pendampingan mulai dari cek dahak, pengobatan hingga pemulihan sampai sembuh 100%,” ungkapnya.

Pada materi inti, sosialisasi yang bertajuk “Saatnya Bebas TBC Dimulai Dari Saya” tersebut, dr. Galang Setia Adi selaku narasumber dari Puskesmas Benjeng mengulas tuntas tentang penyakit TBC kepada peserta yang hadir. Dalam satu pembahasannya ia menjelaskan tentang TB MDR (Tuberkolosis Multi Drug Resistance) yang merupakan perkembangan dari TBC biasa, kemudian pada akhirnya sesuai dengan kondisinya berkembang menjadi kebal akan obat tertentu dan beberapa jenis obat lainnya. “Jika kondisi seorang pasien sudah dalam katagori TB MDR, maka kuman TBC nya sudah tidak bisa diobati dengan pengobatan lini pertama sehingga membutuhkan pengobatan lini kedua dimana memerlukan pengobatan yang lebih lama lagi,” jalasnya.

Setelah paparan materi yang cukup panjang dari narasumber, acarapun dilanjutkan dengan tanya jawab seputar TBC dan kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama.

Dari pihak penyelenggara yang diwakili oleh Lilis Latifah, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang sudah mendukung acara ini. “Kami sampaikan rasa terimakasih kepada tim kesehatan dari Puskesmas Benjeng, teman-teman panitia dan segenap wali murid PAUD dan TK ABA se-kecamatan Benjeng yang bisa hadir dalam kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, semoga kita sehat selalu,” pungkasnya menutup acara. (Syuhud Immawan/CJ)

Artikel ini telah dibaca 117 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

18 Tahun Mati Suri, Klinik Mabarrot Ujungpangkah Beroperasi Lagi

26 Januari 2023 - 21:28 WIB

K;inik Mabarot Ujungpangkah

Manfaat Kesehatan & Gizi Kurma

17 Januari 2023 - 07:02 WIB

Kadinkes Sidak Puskesmas Sembayat Usai Viral Di Medsos

3 Januari 2023 - 15:01 WIB

Semua Puskesmas Di Gresik Sudah Menjadi BLUD

8 Desember 2022 - 04:22 WIB

Gresik Health Expo: Dokter Spesialis Masih Kurang

26 November 2022 - 23:14 WIB

Bupati Gresik Tegaskan Larangan Edar Rokok Abal-Abal

15 November 2022 - 05:57 WIB

Trending di Advertorial