70 IKM Dapat Pelatihan Gratis

#

Kabar Gresik_ Kementerian Perindustrian, siap memberikan pelatihan untuk  70 orang pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di  Gresik.

Selain pelatihan mereka juga mendapat berbagai fasilitas masing-masing mendapatkan bantuan mesin-mesin peralatan kebutuhan industrinya. Hal ini disapaikan oleh Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Wilayah II, Gati Wibawaningsih saat membuka pelatihan di gedung Wahana Ekspresi Pusrpnegoro (WEP), Senin (2/4).

Selain itu, Gati Wibawaningsih juga menjanjikan berpameran gratis di Jakarta untuk peserta terbaik dari kalangan industry pangan, Kerajinan dan Sandang. Pernyataan Gati ini disampaikan pada acara pembukaan pelatihan yang di hadiri sekitar 200 orang IKM Gresik. Selain pelaku IKM, acara ini dihadiri oleh rombongan dari Kementerian Perindustrian turut serta hadir anggota Komisi VI DPR-RI, Edy Kuntadi serta Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik, Ir. Mokh. Najikh.

Tak hanya itu, peserta juga mendapat potongan pembelian mesin peralatan sebesar 25 – 30 prosen dari harga, apabila mereka akan membeli tambahan mesin diluar paket. “tak hanya peserta, pelaku IKM yang lain juga bias mendapatkan potongan harga tersebut yaitu 25 prosen untuk mesin produk import dan 30 prosen untuk produk dalam negeri” katanya. Untuk potongan ini pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 10 milyar untuk 7 Propinsi diantaranya Jawa Timur.

Peserta pelatihan kali ini terdiri dari para pelaku industry pangan yaitu industry kecil yang mengolah hasil laut sebanyak 20 orang, industry kerajinan pembuat rabana sebanyak 20 orang dan industry sandang pembuatan busana muslim sebanyak 30 orang. Mereka akan diberi pelatihan sesuai bidang usahanya oleh para pakar yang mahir dibidangnya. Menanggapi kegiatan ini, Edy Kuntadi menyatakan bangga, karena dengan demikian akan meningkatkan kualitas produksi yang sekaligus meningkatkan daya saing.

Bupati Gresik yang hadir usai pembukaan acara tersebut menyampaikan terima kasih atas pelatihan ini. Terutama pelatihan untuk IKM industry pangan pengolahan hasil laut. Di Gresik hasil laut sangat melimpah. Biasanya kelebihan produksi yang tidak terjual ini dipakai untuk industry pangan lain misalnya kerupuk, petis. Semoga dengan pelatihan ini serta bantuan mesin-mesin akan meningkatkan produksi IKM di Gresik, katanya. (Tik)

Editor: zumrotus S

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.