Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

PEMERINTAHAN · 10 Nov 2014 05:26 WIB ·

Benjeng Masih Krisis Air Bersih


 Benjeng Masih Krisis Air Bersih Perbesar

Kabargresik_ Sejumlah desa di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik  mengalami krisis air bersih. Hal ini disebabkan musim kemarau yang berkepanjangan. Kondisi terparah dialami Desa Jogodalu.

Kekeringan di Desa Jogodalu itu juga kian parah lantaran telaga yang diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih untuk warga sudah habis sejak tiga bulan yang lalu. Dan sebagai alternatif, warga hanya mengandalkan sumur desa yang terletak di timur Desa Jogodalu yang berjarak hampir 1 kilometer.

Menurut Kepala Dusun Jogodalu, H. Nurrudin mengatakan pihaknya tidak dapat berbuat banyak untuk mencukupi air bersih. Pihak desa akan bekerjasama dengan pihak swasta untuk melakukan pendalaman telaga.

“Warga desa sudah hampir tiga bulan kekurangan air bersih, kami dari pemerintah desa mengupayakan pendalaman telaga bekerja sama dengan pihak swasta supaya untuk tahun berikut kebutuhan air bersih bisa tercukupi” kata Nuruddin, Senin (10/11/2014).

Sedangkan saat ini warga desa Jogodalu setiap harinya harus rela mengantri di penampungan air yang dipompa dari sumur desa untuk mendapatkan beberapa cerigen air bersih. Bahkan, aktifitas tersebut dilakukan setiap hari hingga dini hari.

Tak sedikit warga yang mengeluhkan perhatian Pemkab Gresik terhadap kekeringan di Desa Jogodalu. Seperti Ismail (35), ia mendesak Pemkab Gresik melalui Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Gresik (BPBD) untuk lebih serius dalam menyalurkan bantuan air bersih.

“Pemerintah hanya memberikan bantuan 1 tangki air bersih saja. Dan itupun tidak tiap hari. Tentu bantuan ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di Desa kami” kata Ismail dengan nada menuntut.(Gopar)

Editor: sutikhon

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan

2 Oktober 2022 - 19:49 WIB

Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan

2 Oktober 2022 - 14:57 WIB

Pemkab Gresik Siapkan 28 M Untuk Kurangi Dampak Inflasi

8 September 2022 - 19:37 WIB

Nelayan Campurejo Menagih Janji PT Gresik Migas

7 September 2022 - 17:33 WIB

Ekspedisi Bengawan Solo Berakhir Di Bedanten

15 Agustus 2022 - 12:18 WIB

Sinergitas KWG AKD Wujudkan Desa Mandiri

9 Agustus 2022 - 04:59 WIB

Trending di PEMERINTAHAN