Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

PEMERINTAHAN · 11 Nov 2015 17:15 WIB ·

BPBD Adakan Simulasi Tanggap Bencana


 BPBD Adakan Simulasi Tanggap Bencana Perbesar

image

Kabargresik_ Musim hujan yang sudah di depan mata membuat sejumlah pihak terus berbenah. Terlebih, ancaman banjir masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian warga Gresik disaat musim penghujan.

Untuk menekan jumlah korban jiwa akibat bencana banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik bersama para Relawan menggelar simulasi tanggap bencana banjir di depan kantor BPBD, Rabu (11/11/2015).

Relawan yang mengikuti simulasi tanggap bencana ini dari berbagai kelompok masyarakat yaitu dari PMI, GRT, MDMC, RAPI, Pramuka, Sernu beserta tim Tagana dari dinas sosial.

Simulasi tersebut dibuka oleh kepala dinas BPBD Kabupaten Gresik, Abu Hasan, dalam pembukaannya Ia memberi pengatar dan pengarahan kepada tim dan relawan.

Dalam simulasi ini BPBD membuat skenario layaknya terjadi banjir sungguhan. Dimulai adanya informasi dari salah satu kecamatan yang menghubungi tim BPBD bahwa telah terjadi bencana banjir, selanjutnya tim BPBD dan para relawan melakukan penanganan di lapangan.

Penanganan korban bencana tersebut di gambarkan, ada korban yang membutuhkan pertolongan yaitu Ibu hamil, Manula, Patah tulang dan korban tengelam, ada juga pengungsi yang rumahnya tergenangi banjir.

Setelah penanganan pertama, kemudian para relawan mendirikan tenda rumah tinggal sementara dan posko-posko digunakan untuk pengungsi dan dilakukan penanganan lanjutan.

Di simulasi ini terlihat relawan bahu- membahu bersama tim BPBD dalam pertolongan korban banjir beserta pembangunan tenda dan posko-posko tersebut. Mereka juga terlihat serius dalam mengevakuasi sejumlah warga yang terjebak banjir ke posko bencana.

Abu Hasan, Mengatan bahwa simulasi untuk menguji kesiapan tim terhadap musih hujan dan Ia berharap tim dan relawan supaya terbiasa apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam agar nanti dapat sigap dalam penanganan korban bencana alam,

“Ya re charger terhadap pekerjaan kita menjelang musim hujan” papar Hasan saat di konfirmasi kabargresik.com. (#/k1)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkab Gresik Siapkan 28 M Untuk Kurangi Dampak Inflasi

8 September 2022 - 19:37 WIB

Nelayan Campurejo Menagih Janji PT Gresik Migas

7 September 2022 - 17:33 WIB

Ekspedisi Bengawan Solo Berakhir Di Bedanten

15 Agustus 2022 - 12:18 WIB

Sinergitas KWG AKD Wujudkan Desa Mandiri

9 Agustus 2022 - 04:59 WIB

Takut Terseret Hukum Ramai-ramai Cabut Pungutan 17an

5 Agustus 2022 - 09:15 WIB

Gaduh Dana 17an Kecamatan Panceng

4 Agustus 2022 - 23:48 WIB

Trending di PEMERINTAHAN