Bupati Gresik Terima Penghargaan Pembina K3

Kabar Gresik_Sebanyak 39 Perusahaan di Gresik menerima penghargaan Zero Accident. Sedangkan penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) diterimakan juga kepada 4 perusahaan lainnya. Dengan penghargaan tersebut, maka Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Gresik serta wakil dari Perusahaan peraih penghargaan di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (26/3/2013).
Dibanding tahun sebelumnya, penghargaan Zero Accident yang diterima Perusahaan di Kabupaten Gresik lebih banyak. “Pada tahun 2012, Kami hanya menerima 34 penghargaan Zerro Accident dan 4 penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)” ujar Bupati melalui kabag Humas Pemkab Gresik Andhy Hendro Wijaya. Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya sehingga penghargaan ini tetap diterima oleh Kabupaten Gresik.
Namun sayang, prestasi Kabupaten Gresik dalam jumlah perolehan penghargaan zero accident masih menduduki ranking ke 2 se Jawa Timur. “Mestinya kita bias meraih terbanyak, mengingat jumlah perusahaan kita banyak” katanya. Bupati menginventarisir bahwa perolehan penghargaan zero accident didominasi oleh perusahaan di Gresik belahan utara. Padahal jumlah Perusahaan yang ada di Gresik belahan selatan juga banyak.
Khusus Perusahaan yang telah menerima penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) kami sampaikan agar terus menerapkan sistem ini. “Terbukti dengan menerapkan SMK3, maka kecelakaan dapat ditekan sampai zero accident yang secara langsung dapat menekan cost perusahaan” ujarnya.
Saya berharap agar ke depan Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Gresik lebih sering mengadakan pembinaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang belum mengetrapkan sistim ini, terutama kepada Perusahaan diwilayah Selatan. “Kalau pembinaan ini berhasil, kami yakin Gresik akan menyabet zero accident award terbanyak” ujar Bupati kepada Kepala Disnakertrans, Siswadi Aprilianto.
#

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,Siswadi menyatakan bangga atas penerapan SMK3 di Gresik sehingga meraih penghargaan. Kedepan kami akan berupaya untuk menambah daftar perusahaan yang menerapkan SMK3 ini. Kami akan bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan Apindo Gresik. “Kami akan sering berkoordinasi dengan perusahaan dan sering mengadakan pertemuan dengan top management perusahaan untuk penerapan SMK3 ini, terutama dengan perusahaan yang belum menerapkan SMK3. Sehingga apa yang diharapkan Bupati tentang Zero accident di Perusahaan bisa tercapai” katanya.(tik)

About Editor02

Check Also

Ini Alasan DPUTR Tidak Bayar Air Giri Tirta Selama 6 Bulan

Gudang  Unit Reaksi Cepat (URC) Bima DPUTR Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Kebomas tak dialiri air dari Perumda Giri Tirta, pasalnya menunggak tagihan air selama 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.