Gresik Raih ICT Tama 2012

#

Gresik menerima penghargaan Juara Utama ICT Pura dari kementerian Komunikasi dan Informasi RI di Medan Sumatera Utara. Dengan diraihnya penghargaan tersebut telah 3 penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Gresik dalam seminggu terakhir ini. Hal ini disampaikan Kabag Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya, Jum’at (19/10).

Selain juara utama Penghargaan ICT Pura, masih ada 2 (dua) penghargaan lain yang diraih, masing-masing Juara 1 Tingkat Nasional “Sail Morotai Indonesia 2012 Kegiatan Lintas Nusantara Pemuda Bahari/kapal Pemuda Nusantara”. Dan Penghargaan Sobat Bumi dari Pertamina Foundation yang bekerjasama dengan Menteri Lingkungan hidup untuk SMP Negeri I Kedamean.

Untuk Penghargaan ICT Pura, Pemkab Gresik setidaknya telah menyisihkan 165 Kabupaten Kota se Indonesia. Dari jumah tersebut terpilihlah 30 kabupaten Kota yang terbagi dalam juara kategori Utama, Madya dan Muda.”Kabupaten Gresik satu-satunya dari Jawa Timur bersama 9 Kabupaten/kota se Indonesia yang terpilih menjadi Juara kategori Utama”. tambah Andhy.

Sesuai yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Syukri Batubara, penghargaan ini merupakan gerakan yang melibatkan pemangku kepentingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Program ini merupakan kebutuhan agar dapat mengumpulkan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir dan terukur hingga tingkat kabupaten dan kota. Hasil program ini, akan bernilai strategis tidak semata untuk dipergunakan oleh internal lembaga, namun juga indikator yang menggambarkan kondisi TIK di Indonesia yang akan dicari dan dipergunakan berbagai lapisan pemangku kepentingan.

Menanggapi penghargaan Juara Utama ICT Pura 2012, Kepala Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi, Bambang Hadi menyatakan senang. Untuk peningkatan kekuatan TIK di Gresik, pihaknya membangun backbone fiber optic jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sepanjang 9210 m yang menghubungkan kantor Bupati Gresik sebagai core switch, BPBD, Dispendik, Disbudparpora, dan Dispenduk Gresik senilai Rp. 1,4 milyar.

Selain pembangunan jaringan bachbone fiber optic, Pemkab Gresik juga membentuk Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta menambah dan mengembangkan free hot spot untuk melengkapi seluruh pendopo kecamatan di Kabupaten Gresik. Selain itu, kami membentuk Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tukas Bambang.

Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), selain beranggotakan unsur SKPD juga diikuti oleh perguruan tinggi dan lembaga sekolah. Tugas komite TIK ini nanti yaitu Pembangunan dan pengembangan Telecenter, Pengadaan dan operasional Mobil Pusat layanan Internet Kecamatan(MPLIK), fasilitasi pembentukan dan operasional komunitas TIK, Penambahan dan pengembangan free Hotspot, pengembangunan dan pengembangan media center, Talk conference, Pengembangan Jaringan Backbone WAN, dan ICT Pura 2012. (sdm)

About Editor02

Check Also

Ini Alasan DPUTR Tidak Bayar Air Giri Tirta Selama 6 Bulan

Gudang  Unit Reaksi Cepat (URC) Bima DPUTR Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Kebomas tak dialiri air dari Perumda Giri Tirta, pasalnya menunggak tagihan air selama 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.