Peringati Hari Kartini Dengan Naik Dokar

#

Kabargresik_ Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, ratusan anak-anak dari  TK dan Playgrup Futuhatul Ulum, Desa Roomo, Kecamatan Manyar Gresik menggelar pawai untuk memperingati jasa dan perjuangan emansipasi perempuan bernama lengkap Raden Adjeng Kartini, Senin Pagi (21/4/2014).

Pawai dengan menggunakan 16 alat transportasi konvensional yang biasa terlihat dan  digunakan dalam ziarah Makam Sunan  Giri ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.  Belasan Dokar sudah berbaris rapi di sepanjang Jl. Raya Roomo Kecamatan Manyar dan akan mengangkut 129 anak-anak yang kesemuanya menggunakan berbagai macam baju kebaya dan baju-baju profesi lain sesuai cita-cita mereka.

Menurut salah seorang guru dari  TK dan Playgrup Futuhatul Ulum, Desa Roomo, Kecamatan Manyar Gresik, Sirotul Ula (30), Pawai Dokar untuk memperingati Hari Kartini ini dilakukan dengan berbagai tujuan diantaranya agar anak-anak mengenal pahlawan nasional, mengenal budaya mereka dan berani menampilkan cita-citanya dihadapan khalayak.

“Kita ajak anak-anak jalan-jalan berkeliling kota agar mereka berani menampilkan dirinya kepada masyarakat luas, sambil naik alat transportasi jaman dahulu yang kini hanya ada beberapa yaitu Dokar,” Kata Bu Sirot.  

Sedangkan salah seorang kusir dokar, Makrus (38) mengaku senang dokarnya digunakan dalam pawai hari kartini. “Ya lumayan dapat tambahan rejeki dari hari kartini” katanya singkat.

Sementara itu,  ratusan anak-anak ini rencananya akan melakukan pawai dengan rute sepanjang Jalan Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru – Jl. Randu Agung dan kembali melintasi Jl. Raya Roomo untuk kembali ke sekolah mereka. (Chidir)  

Editor: zumrotus

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.