Serikat Buruh Sambut Baik Pengurus Baru APINDO Gresik

Pelantikan Pengurus baru Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Gresik disambut baik pihak serikat buruh. Hal ini seperti disampaikan oleh ketua DPC LEM SPSI kabupaten Gresik, Imam Syaifudin. Imam menyambut baik pengurus baru APINDO.

“Kami selaku serikat pekerja menyambut baik pelantikan pengurus baru APINDO kabupaten Gresik dan harapan dari serikat pekerja, pengurus APINDO yang baru bisa menjadi mitra yang baik dalam hubungan industrial di Gresik” ujar Imam, Sabtu (2/4/2022).

Imam juga berharap kepada pengurus APINDO Gresik yang baru untuk bisa memperluas keanggotaan nya di Gresik.

“Masih banyak perusahaan di Gresik ini belum menjadi anggota APINDO, ini tugas pengurus baru untuk mengajak mereka masuk” harap Imam.

Imam Syaifudin | Ketua DPC LEM SPSI Kab Gresik. (Foto: Tiko)

Menurut Imam hanya APINDO lah yang punya hak sebagai lembaga kerjasama (LKS) Tripartite, sebagai forum resmi dalam undang-undang wakil dari pengusaha adalah APINDO baik tingkat pusat maupun daerah.

Sementara itu Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat melantik Pengurus Baru APINDO Gresik masa Bakti 2022 s/d 2027  Jumat, (01/04) Aston Inn Gresmall berharap APINDO bisa ikut mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang hadir secara langsung dalam kegiatan ini dalam sambutannya dengan menyinggung gelaran presidensi G20 yang mengangkat tema _Recover Together, Recover Stronger_ . Bupati Yani menilai ada 3 poin utama dalam kegiatan tersebut, yakni momentum pemulihan paska pandemi Covid-19, kemudian juga merupakan suatu _statement_ politik bahwa Indonesia mampu untuk menjadi tuan rumah dan mampu mengatasi persoalan pandemi Covid-19.

“Setelah itu, akan muncul kepercayaan, bagaimana investasi di Indonesia ini ada jaminan. Dari diadakannya gelaran G20 tersebut kita dorong terus untuk bangkitnya UMKM kita,” jelas Bupati Yani.

Dalam hubungannya dengan APINDO, Bupati Gresik  menjelaskan bahwa tugas dan fungsi APINDO adalah meningkatkan produktifitas dan _human capital_ di Kabupaten Gresik serta membangun kondusifitas dalam hubungan industrial.

Kabupaten Gresik yang masuk peringkat 8 secara nasional sebagai Kabupaten dengan investasi tertinggi harus memiliki _multiplier efek_ terhadap penurunan angka pengangguran.

“Kunci utama untuk menurunkan angka pengangguran adalah salah satunya lewat pendidikan, bisa melalui vokasi maupun pelatihan. Oleh karenanya saya mengajak teman-teman asosiasi sekalian untuk bersama-sama berkolaborasi untuk membangun dan memperbaiki pendidikan kita,” ajak Bupati Yani.

Bupati Yani mengungkapkan bahwa masih banyak persoalan yang ada dalam sektor industri di Kabupaten Gresik. Tetapi ia yakin, dengan kolaborasi dan sinergi dari semua unsur akan bisa mengurai persoalan tersebut satu persatu.

“Banyak persoalan di dunia industri ini yang harus kita selesaikan bersama-sama. Kami dari Pemda melalui Disnaker beserta seluruh asosiasi yang ada mari bersama-sama mengurai semua persoalan yang ada di Kabupaten Gresik, mulai dari tempat ibadah, kesejahteraan pekerja, hingga fasilitas bekerja untuk perempuan. Saya yakin dengan bersama-sama kita bisa mengurai berbagai persoalan tersebut,” pungkasnya.

Terkait UMKM, dihadapan peserta, Bupati Yani mengajak untuk terus mendorong UMKM Kabupaten Gresik agar terus bisa beradaptasi di era seperti saat ini. Contoh kecil yang saat ini kita lakukan adalah dalam kegiatan semacam ini makanan kecilnya bisa mengambil dari UMKM dari sekitar kita dan ini sudah seharusnya kita contoh untuk dilakukan di masing-masing tempat usaha kita.

Pengurus APINDO Gresik yang dilantik, terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan. Untuk masa bakti 2022 s/d 2027 ini, APINDO di nahkodai oleh Alfan Wahyuddin, yang juga CEO ASUKA Group dan merupakan putra daerah asli Gresik. (Her/tik)

About Editor02

Check Also

Gokil, Ramadan Makin Bermakna Dengan Kemah Dakwah Keluarga

Puasa Ramadhan bukan hanya diisi dengan kegiatan pengajian dan bagi takjil saja, momen mendekatkan diri …

#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *