250 UKM Berebut UKM Award

Kabargresik_ Meski sudah ditetapkan mendapat hadiah uang pembinaan, namun sejumlah pengusaha kecil di Gresik yang berkumpul di Ruang rapat Mandala Bakti Praja, Rabu (16/4) dalam rangka sosialisasi UKM award 2014, menginginkan hadiah yang lain. Hal ini mengemuka saat Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si bertanya kepada 250 orang pengusaha kecil yang hadir.

“Nanti kalau menang ingin hadiah apa ?” Tanya Wabup saat memberikan pidato pembukaan. “Umroh” Jawab mereka serempak.
 
Mendapat jawaban demikian, Wabup segera menimpali “Hadiah umroh belum bisa kami berikan, mengingat hadiahnya sudah ditentukan yaitu uang pembinaan. Dengan hadiah tersebut, anda bisa lebih mengembangkan usaha anda sehingga lebih maju dari yang sekarang” Ujar Qosim diplomatis menjawab keinginan para pelaku usaha kecil yang menginginkan hadiah umroh .  
 
Pada supremasi Usaha Kecil Menengah (UKM) terbesar tahun 2014 Pemkab Gresik, yang tengah diperebutkan oleh 250 pelaku UMKM Gresik kali.  Pemerintah Kabupaten Gresik memperebutkan tropy sekaligus hadiah untuk UKM terbaik. Setidaknya ada 6 pemenang masing masing mendapat Tropy serta uang pembinaan juara I mendapat Rp. 10 juta, Juara II Rp. 8 juta dan Juara ke III Rp. 7 juta. Selain pemenang Utama, pihak panitia juga memberikan uang pembinaan untuk 3 pemenang juara harapan.
 
Acara sosialisasi UKM award kali ini, Pemkab Gresik juga mengundang Bambang Sutejo, Phd dari Klinik UMKM Dinas Koperasi Jawa Timur. Bambang Sutedjo mengaku bangga melihat kenyataan yang ada di Gresik yang banyak tumbuh dan berkambang usaha kecil sampai kepelosok desa . Menurutnya jiwa kewirausahaan masyarakat Gresik sangat tinggi. Padahal di Indonesia hanya sekitar 0,18% wirausaha.
 
Pada kesempatan ini, Bambang Sutedjo yang dikenal sebagai motivator kewirausahaan menyatakan,”Untuk menjadi sebuah Negara maju, Indonesia membutuhkan 2 prosen penduduknya untuk menjadi wira usaha” katanya saat memberikan ceramah kepada para undangan para pelaku usaha kecil Gresik.  Dia berharap, PDRB Gresik yang 7,36 % banyak disumbang oleh sector UMKM.
 
Sementara Sekda Gresik, M. Nadjib dalam laporannya mengatakan, program UKM Award ini untuk memperkuat sector UMKM di Gresik. “UKM tidak sekedar bertahan, namun mampu bersaing dan memenangkan kompetisi” katanya. Sekda juga menyatakan, program ini sebagai penguatan UMKM Gresik dalam menghadapi era perdagangan bebas. (sdm)

Editor: zumrotus

About Editor02

Check Also

Hem… Swafoto Kades Terpilih Berdampak Hukum

Swafoto nuansa gembira ternyata bisa menyeret seseorang ke rana hukum. Hal ini terjadi saat beberapa …

#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *