Bank Mandiri Salurkan SBL 1 Trilyun Ke SG

#

Bank Mandiri menyalurkan fasilitas stand by loan senilai Rp 1 triliun kepada PT Semen Gresik (Persero) Tbk untuk mendukung operasional perusahaan. Fasilitas kredit berjangka waktu satu tahun itu ditandatangani Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok dan Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto, serta disaksikan oleh Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi dan Direktur Keuangan PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Ahyanizzaman di Jakarta, Kamis (2/8).

Menurut Riswinandi, fasilitas pinjaman tersebut merupakan salah satu upaya Bank Mandiri untuk mendukung pertumbuhan bisnis Semen Gresik Group sehingga mampu menopang pengembangan infrastruktur di Indonesia.

“Kami berharap fasilitas stand by loan ini dapat membantu kelancaran operasional Semen Gresik, sehingga dapat terus memenuhi kebutuhan pasokan semen di Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran aktif dalam memajukan perekonomian nasional,” kata Riswinandi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Gresik (Persero) Tbk Dwi Soetjipto mengatakan, fasilitas dari Bank Mandiri itu akan digunakan perseroan untuk memperkuat kebutuhan modal kerja yang semakin meningkat, seiring dengan beroperasinya pabrik baru di Tuban, Jawa Timur serta beberapa rencana strategis korporasi ke depan. “Bank Mandiri menawarkan stand by loan, sehingga perseroan menyambut baik adanya fasilitas ini. Apalagi Bank Mandiri menawarkan suku bunga yang kompetitif,” tegas Dwi.

Fasilitas ini, lanjut Dwi, juga diharapkan dapat membantu operasional, terutama dalam perencanaan likuiditas perusahaan. “Seiring dengan kian gencarnya ekspansi perseroan membangun pabrik di sejumlah wilayah, perencanaan likuiditas yang baik adalah hal mutlak yang tak bisa ditawar,” imbuh Dwi

Bank Mandiri, sebelumnya juga telah mengucurkan pembiayaan untuk membantu pengembangan perusahaan anak Semen Gresik antara lain Semen Tonasa, Varia Usaha, Swadaya Graha, Koperasi Warga Semen Gresik dan perusahaan anak lainnya.

Seiring dengan semakin kompetitifnya industri semen di Tanah Air, Semen Gresik selalu berupaya meningkatkan efisiensi dalam mengelola dana operasional untuk memacu pertumbuhan bisnis. Kebutuhan Semen Gresik Grup tersebut, disambut baik Bank Mandiri dengan memberikan layanan Notional Pooling guna mengkonsolidasikan rekening operasional Perseroan dan anak perusahaan seperti Semen Padang, Varia Usaha, Swadaya Graha, SGG Prima Beton dan SGG Energi Prima.

“Dengan mekanisme Notional Pooling ini, maka memungkinkan setiap anak usaha Semen Gresik dapat melakukan transaksi keuangan dengan para pemasok dengan dukungan kekuatan likuiditas yang dimiliki oleh Semen Gresik Group”, tambahnya.

Direktur Keuangan Semen Gresik, Ahyanizzaman, juga mengemukakan “masing-masing peserta pooling memiliki akses dan potensi likuiditas yang lebih besar sehingga mempunyai keleluasaan dalam mengelola cash. Dengan sistem ini, likuiditas setiap anak perusahaan Semen Gresik dapat lebih terkelola dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan pengelolaan keuangan Group sekaligus meningkatkan efisiensi operasional secara Group.”

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok menegaskan bahwa fasilitas layanan tersebut dapat membantu Semen Gresik Group dalam mengoptimalkan pengelolaan dana perusahaan secara keseluruhan. Terlebih, Bank Mandiri juga telah melayani kebutuhan transaksi collection dan payment Semen Gresik Group.

“Layanan notional pooling ini dapat membantu Semen Gresik untuk mengetahui secara real time posisi likuiditas Grup, sehingga pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien,” ujar Fransisca.

Sinergi CSR
Bank Mandiri dan Semen Gresik Group juga akan bekerja sama dalam penyaluran dana Program Bina Lingkungan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) untuk meningkatkan sinergi antar perusahaan milik negara dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Aktivitas sosial yang dilakukan kedua BUMN ini diharapkan bisa memberi nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat, sehingga dukungan publik kepada Bank Mandiri dan Semen Gresik dalam mengembangkan bisnis semakin besar.

Penyaluran dana CSR diberikan dalam bentuk bantuan dana untuk menunjang program kerja yang dilakukan Semen Gresik Foundation (SGF), yakni program pendidikan dan sosial untuk wilayah Gresik, Lamongan, dan Tuban. Penyaluran untuk program pendidikan di antaranya pembangunan sarana dan prasarana sekolah MI Alhuda Babat Lamongan, SD Muhammadiyah 03 Babat Lamongan, SMPN 4 Babat Lamongan, SMP Islam Sunan Bejagung Tuban, SMKN 4 Kerek Tuban, dan SMPN 3 Jatirogo Tuban.

Bank Mandiri dan Semen gresik juga akan memberikan beasiswa kepada 6 guru berprestasi dari Gresik, Lamongan, dan Tuban untuk melanjutkan studi pascasarjana (S2) dan Beasiswa untuk 120 siswa berprestasi akademik maupun nonakademik tingkat SD hingga SMA di wilayah Gresik, Lamongan, dan Tuban. Selain itu, juga akan dilakukan pelatihan kewirausahaan untuk 6 SMK yang berada di Lamongan dan Tuban.
“Kami terus mendorong program-program sosial perusahaan agar tak lagi bersifat karitatif dan filantropis yang parsial. Program-program berdimensi jangka panjang seperti beasiswa dan pelatihan kewirausahaan sangat diperlukan agar masyarakat sasaran bisa meningkatkan daya saingnya untuk memperbaiki kesejahteraan sosial-ekonominya,” jelas Dwi.

Program lain yang berdimensi jangka panjang adalah pemberantasan buta aksara bagi 300 orang di wilayah Kecamatan Kerek, Tuban serta pelatihan kewirausahaan kepada pemuda/karangtaruna di sejumlah kecamatan di Tuban.

“Untuk meningkatkan kesejahteran sosial warga, program ini juga memberi bantuan pembangunan fasilitas umum seperti tempat ibadah di Kecamatan Babat, Lamongan,” tutur Dwi. (sut)
Editor: Sutikhon

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.