Dana JPD Akhirnya Cair

#

Kabargresik_ Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto segera mencairkan dana pembangunan Jalan Poros Desa Tahun Anggaran 2014 sebasar Rp. 33,8 milyar. “Mulai besok anggaran JPD ini langsung ditransfer ke rekening milik desa” ujar Bupati saat sosialisasi JPD di Ruang rapat Mandala Bakti Praja, Selasa (13/5).
 
Dihadapan para Kades, BPD dan tokoh masyarakat desa penerima proyek Bupati menyatakan, sengaja pihaknya tidak mencairkan dana JPD ini sebelum Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2014. Hal ini menurut Bupati agar proyek JPD ini tidak dijadikan ajang kampanye oleh Partai politik atau Caleg. “Meski saya sebagai ketua partai, tapi saya tidak ingin program JPD ini dipakai sebagai ajang untuk berpolitik” katanya serius.
 
Bagi kami, Sambari-Qosim Pembangunan merupakan kewajiban dan tanggung jawab kami kepada masyarakat. Saat ini tahun 2014 merupakan program terakhir pembangunan JPD yaitu membangun jalan poros yang belum pernah mendapat sentuhan pembangunan dari Pemerintah. Tahun 2014 JPD Kami anggap selesai. Adapun perbaikan JPD yang saat ini kondisinya rusak, akan dianggarkan tahun 2015. “Kami sudah siapkan anggaran untuk perbaikan JPD yang rusak pada tahun 2014 sebesar Rp. 45 milyar” tambah Sambari.  
 
Dalam pelaksanaan pembangunan JPD secara swakelola ini, Bupati berharap kepada para Kepala Desa, BPD dan tokoh masyarakat yang hadir untuk ikut menjadi pengawas pembangunan. “Anda harus tahu betul kwalitas aspal, cor atau paving yang yang dipakai untuk pembangunan JPD di daerah saudara. Kalau paving periksa ketebalan maupun kekuatan paving. Jangan sampai paving yang dipasang jauh dari standard kelayakan”kata Bupati.
 
Terkait akan dimulainya pembangunan JPD ini, Sekda Gresik, M. Najib mengatakan JPD kali ini diperuntukkan pada 140 desa di 17 kecamatan. Total panjang JPD yang akan dibangun pada tahun 2014  yaitu 76.255 meter. Adapun rincian konstruksi dari JPD tersebut yaitu, jalan aspal 83 meter, paving 54.003 meter, cor beton 12.361 meter, makadam/telford 2.848 meter dan urugan 6.960 meter. “Total pembangunan JPD yang sudah dibangun Pemkab Gresik sampai tahun 2014 sepanjang 480.870 meter atau 93,76% dari jalan poros yang ada” kata Sekda.
 
Tentang pencairan dana JPD, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Gunawan melalui kabag humas mengatakan, ada 3 termind pencairan yaitu termind I sebesar 40%, termind II 30% dan terakhir setelah penyelesaian proyek benar-benar mencapai 70% maka termind III yang terakhir dicairkan sebesar 30%. (sdm)    

Editor: fahruddin

About Editor02

Check Also

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

# Pemerintah kabupaten Gresik tidak mampu menyediakan hewan qurban hanya dari peternak lokal, karena kebutuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.