Harga Beras Tembus 9000/Kg

Harga beras di pasaran kini tembus dikisaran Rp.8.000 – Rp. 9.000/kg, ini menimbulkan keresahan bagi warga miskin.

Situasi seperti ini tentu masyarakat keluarga miskin akan sangat menunggu pencairan raskin yang harganya Cuma Rp. 1.600,-/kg dengan jatah 15 kg tiap Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM).  “Ternyata Pemkab Gresik telah mencairkan jatah raskin sebulan lebih cepat.” kata Plt. Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat, Kamhadi. Senin (17/10).

#

Menurut Kamhadi, sampai hari ini setidaknya ada 11 kecamatan yang sudah menerima jatah raskin jatah bulan Nopember 2011. Pencairan raskin untuk Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) di 11 wilayah Kecamatan tersebut  yaitu,RTSPM di wilayah Kecamatan  Wringinanom, Driyorejo, Kedamean, Benjeng, Kebomas, Gresik, Manyar, Sidayu, Dukun, Panceng dan Ujungpangkah.”memang belum seluruh wilayah yang tersalur, namun proses ini tengah berjalan”ujar Kamhadi.

Jumlah raskin yang teralokasi di wilayah Kabupaten Gresik tiap bulan sebanyak 816.210 kg, untuk 54.414 RTSPM di 18 Kecamatan termasuk 2 kecamatan di Pulau Bawean. “namun untuk pengiriman di Pulau Bawean dilaksanakan tiap 2 bulan sekali. Jumlah Raskin yang teralokasi di pulau Putri tersebut sebanyak 67.275 kg yang teralokasi untuk kecamatan Sangkapura 46.455 kg untuk 3097 RTSPM dan kecamatan Tambak sebanyak 20.820 kg untuk 1388 RTSPM. Untuk pengiriman Raskin ke Pulau Bawean saat ini agak terlambat, karena kapal yang biasanya mengangkut beras kesana masih dalam perbaikan” ujar Kamhadi. 

Karena sistim pembayaran raskin ini cash & carry, maka apabila ada kecamatan yang tidak atau belum melunasi raskin bulan sebelumnya, tentu pengiriman raskin bulan berikutnya pasti terlambat. Tentu ini sangat merugikan bagi RTSPM Raskin diwilayah tersebut. “kami menghimbau kepada desa-desa yang mendapat jatah raskin, agar segera melunasi pembayarannya, sangat disayangkan apabila hanya karena belum melunasi raskin jatah raskinnya tertunda sehingga masyarakat di wilayahnya  tidak mendapatkan jaah raskin tersebut secara rutin. Padahal dari sisi kwalitas, jatah raskin kali ini sangat bagus, kalau dipasaran harganya sekitar Rp. 6000,- – Rp. 7000,- /kg” tambahnya. (*tik)

About Editor02

Check Also

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

# Pemerintah kabupaten Gresik tidak mampu menyediakan hewan qurban hanya dari peternak lokal, karena kebutuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.