Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

PEMERINTAHAN · 19 Mei 2017 17:39 WIB ·

Inovasi Baru Pangkah kulon : Anggaran Desa Dipublis


 Inovasi Baru Pangkah kulon : Anggaran Desa Dipublis Perbesar

Kabargresik.com – Langkah Pemerintah Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah yang memasang baliho besar dengan memaparkan Anggaran Pembelanjaan Desa (APBDes) 2017 perlu diapresiasi dan dicontoh desa lain. Pasalnya, desa peraih Giri Award 2016 itu mengawali pemasangan baliho tersebut sebagai bentuk transparansi anggaran ke masyarakat.

 

Seperti diketahui, pemasangan baliho berisi anggaran perbelanjaan desa itu merupakan amanat undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik serta instruksi dari Kementrian Desa RI (Kemendes).

 

Menurut Kepala Desa Pangkahkulon Ujungoangkah Ahmad Fauron mengatakan pemasangan baliho yang memuat APBDes itu agar masyarakat paham tentang berapa anggaran yang dikeluarkan pihak pemerintah desa untuk pembangunan desa.

 

“Pemerintah Desa harus mempublikasi penggunaan anggaran baik yang bersumber dari dana desa maupun hasil pajak. Selain amanat UU dan Intruksi kementrian Desa, publikasi anggaran adalah sebagai wujud pertanggungjawaban ke masyarakat” katanya ketika dihubungi Kabargresik.com Jumat (19/05/2017)

 

Tak hanya sebatas bentuk pertanggungjawaban kepada warga. Sebagai desa yang menjadi rujukan desa-desa  maupun daerah lain untuk berkunjung maupun studi banding, Pemerintah desa Pangkahkulon mempunyai kebijakan arah pembangunan yang partisipatif sehingga bisa langsung dirasakan warga dan melalui baliho masyarakat akan turut mengawasi.

 

Secara terpisah, Ketua BPD Pangkahkulon Fathur Rohman mengatakan tak hanya mempublikasikan melalui baliho terkait perencanaan anggaran desa. Pihaknya juga akan mempublikasikan dan melaporkan hasil penggunaan dana desa ke masyarakat.

 

“Bukan hanya perencanaan, nanti juga kami akan mempublikasi dan melaporkan dana desa secara transparan ke masyarakat melalui baliho dan poster” ujarnya.

 

Sementara itu, ketua Asosisasi Kepala Desa Kabupaten Gresik Nurul Yatim mengapresiasi langkah pemerintah desa Pangkahkulon yang mengawali pemasangan rencana Anggaran Perbelanjaan Desa (APBDes).

 

“Semoga langkah pemerintah Desa Pangkahkulon untuk mengawali pemasangan baliho berisi anggaran pembelanjaan desa bisa diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Gresik sebagai bentuk transparansi dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran” pungkasnya. (Akmal/j1)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkab Gresik Siapkan 28 M Untuk Kurangi Dampak Inflasi

8 September 2022 - 19:37 WIB

Nelayan Campurejo Menagih Janji PT Gresik Migas

7 September 2022 - 17:33 WIB

Ekspedisi Bengawan Solo Berakhir Di Bedanten

15 Agustus 2022 - 12:18 WIB

Sinergitas KWG AKD Wujudkan Desa Mandiri

9 Agustus 2022 - 04:59 WIB

Takut Terseret Hukum Ramai-ramai Cabut Pungutan 17an

5 Agustus 2022 - 09:15 WIB

Gaduh Dana 17an Kecamatan Panceng

4 Agustus 2022 - 23:48 WIB

Trending di PEMERINTAHAN