Jelang Idul Adha Sapi Pondok Laris Manis

#

image

Kabargresik_ Jelang Hari Raya Idul Adha 1434H/2013M Sapi hasil proses penggemukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Pereng Kulon, Kecamatan Melirang Bungah Gresik laris dipesan.

Mbah Ma’ruf selaku Perintis Pondok Pesantren Nurul Hidayah mengakui jika penggemukan Sapi yang sudah dua tahun berjalan tersebut memberikan corak tersendiri bagi Pondok Pesantren yang tak hanya berfokus pada belajar ilmu agama dan pengetahuan umum.

Namun, ia juga tak ingin membebani santri untuk melakukan perawatan secara intensif. Mbah Ma’ruf pun mempekerjakan beberapa orang warga untuk merawat sapi-sapi tersebut.

“Sapi-sapi ini bukan hasil sumbangan dari Pemerintah maupun institusi melainkan sapi milik pondok yang dikelola dari penjualan tahun lalu” paparnya.

Dari 36 ekor Sapi yang siap jual untuk Qurban 1434 H sudah 21 sapi yang telah dipesan dan dibeli. Sedangkan untuk kisaran variasi harga mulai 13 juta s.d. 24,5 juta.

Mbah Ma’ruf mengungkapkan bahwa biaya paling banyak dikeluarkan dalam pengembangkan usaha penggemukan sapi ada pada kebutuhan pakan ternak. Ia mengakui harus belanja pakan Sapi berupa dedak selama 3 minggu mencapai 4 juta. (Chidir).

Editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.