Pemkab Gresik Dapat Hibah Embung 50 Ha

Satu lagi tambahan embung masuk pada perbendaharaan Embung Pemkab Gresik setelah Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, menandatangani Perjanjian Hibah Daerah Antara Pemkab Gresik dan PT.Galasari Gunungswadaya Gresik

Penandatanganan naskah kerjasama bernomor :02/DIR-GGS/NPHD/XII/2010 serta terdaftar pada agenda dokumen Pemkab Gresik bernomor 180/ 2999 /437.12/2010 dilaksanakan di ruang Graita Eka Praja kantor Bupati Gresik Turut menjadi saksi penandatanganan dokumen tersebut segenap Pejabat Pemkab Gresik dan Manajemen PT.Galasari Gunungswadaya pada Rabu (19/1)

Mulanya jumlah embung di wilayah Gresik sebanyak 100 embung dengan luas total mencapai 450 ha. Dengan Penambahan embung tersebut maka jumlah Embung menjadi 101 buah dengan luas total 500 ha. Areal embung yang dihibahkan PT. Galasari Gunungswadaya seluas 50 ha terletak di desa Sukodono Kecamatan Panceng. Embung ini dapat menampung air secara optimal sampai 5.000.000 m3 atau sama dengan 5.000.000.000 liter apabila Embung tersebut di keruk lebih dalam sampai 10 m. Saat ini kedalaman embung hanya 1m-2 m sehingga daya tampung air yang ada hanya 3.000.000 m3 atau sekitar 3.000.000.000 liter.

Dalam sambutannya Bupati Gresik menyatakan terima kasih kepada PT. Galasari Gunungswadaya. “Suatu kebanggaan bagi kami kerena selama ini Pemerintah yang menghibahkan tanahnya untuk masyarakat, tapi kali ini Pemkab Gresik malah mendapat hibah dari masyarakat (pengusaha)” ujarnya. Ditambahkan olehnya “Seandainya ada lima orang saja yang bisa berbuat seperti ini, niscaya saya sebagai Bupati akan merasa ringan dalam menjalankan Pemerintahan ini”.

Dengan sumbangan areal embung ini, memang ada ada sebuah rencana besar dari PT. Galasari Gunungswadaya. Hal ini terkait sulitnya masyarakat petani untuk mendapatkan air untuk lahan pertanian disekitar areal itu. Seperti yang dikatakan Direkturnya Ir. Jauhar Arifin yang akan mengembangkan Program kebun plasma holtikultura, khususnya mangga.

“Kami punya produk mangga unggul yang kami pasarkan eksport ke Jepang dan beberapa Negara eropa. Prospek mangga ini sangat baik, maka dengan adanya pengairan yang memadai dari embung ini, kami berharap airnya bisa mencukupi areal lahan holtikultura masyarakat 2500 – 3500 ha” ujarnya. (sdm)

About Editor02

Check Also

Pol PP Gresik Garang Di Warkop Melempem di D’Lagoon, Ada Apa ?

Satpol PP kabupaten Gresik menjadi perbincangan di kalangan pemilik warung kopi, mereka menganggap bahwa satuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *