Petrofish: Probiotik Untuk Udang

#

Teknologi probiotik yang banyak dipakai sebagai suplemen makanan bagi manusia untuk perbaikan kesehatan, kini juga diterapkan pada ikan dan udang, seperti yang dilakukan Petrokimia Gresik dengan produk terbarunya probiotik Petrofish

Kehadiran probiotik Petrofish ini merupakan salah satu upaya PT Petrokimia Gresik untuk ikut meningkatkan produktivitas hasil tambak baik ikan maupun udang, serta dalam rangka mendukung visi Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan terbesar pada tahun 2015.

Peluncuran dan panen uji coba penggunaan probiotik Petrofish pada ikan bandeng dan udang vaname pagi tadi (5/5) dilaksanakan di Desa Kramat, Kec. Duduk Sampeyan, Kab. Gresik, dengan dihadiri oleh Bupati Gresik, Ir. Sambari Halim Radianto beserta Seskab dan para Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemkab Gresik, Camat Duduk Sampeyan, Kepala Desa Kramat, dan jajaran direksi PT Petrokimia Gresik, yaitu Direktur Utama, Ir. Hidayat Nyakman, Direktur Komersil, Drs. Nugroho Purwanto dan Direktur Teknik & Pengembangan, Ir. Firdaus Syahril.

Dalam sambutannya, Dirut PT Petrokimia Gresik mengatakan bahwa uji coba penggunaan probiotik Petrofish pada ikan dan udang yang dilaksanakan di Desa Kramat, Kec. Duduk Sampeyan ini, bertujuan untuk memberikan contoh pengenalan dan manfaat yang diperoleh dari penggunaan probiotik Petrofish pada ikan dan udang di sub sektor tambak.

Berdasarkan hasil pengamatan, tingkat pertumbuhan udang vaname pada musim tebar Februari-Mei 2011 di lokasi uji coba, estimasi hasil panennya dapat mencapai 400 kg per 1,2 ha. Sedangkan hasil petambak sekitar tanpa menggunakan Petrofish hanya 250 kg per 1,2 ha. Penggunaan Petrofish juga menghasilkan pertumbuhan udang yang lebih besar sehingga memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi. Secara keseluruhan, penggunaan Petrofish menghasilkan pendapatan sebesar Rp 14,8 juta per 1,2 ha tambak, atau mengalami peningkatan pendapatan sebesar Rp 8,8 juta bila dibandingkan dengan yang tidak menggunakan probiotik Petrofish.

Selain di Desa Kramat, uji coba aplikasi Petrofish di Kabupaten Gresik juga dilakukan di kecamatan Bungah, Dukun dan Sidayu.(tik)

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.