Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

BISNIS · 1 Nov 2016 21:29 WIB ·

Rumah Batik Sarinah Komitmen Majukan Batik Gresik


 Rumah Batik Sarinah Komitmen Majukan Batik Gresik Perbesar

rps20161101_210503_795.jpg

Kabargresik.com- Rumah Batik Sarinah siapa tidak kenal. Salah satu rumah batik  ditengah kota Gresik yang memperkenalkan batik tulis maupun cetak khas Gresik.

Produk batik ini, menurut Owner Rumah Batik Sarinah Siti Muafiyah kepada kabargresik.com merupakan hasil karya sejumlah perajin di Cerme dan beberapa kecamatan di Gresik. Selama ini, dirinya telah melakukan pembinaan sejak lima tahun lalu.” Kami sudah melakukan riset ke sejumlah perajin batik di Gresik. Saat itu kondisi mereka mati suri karena terkendala modal dan pemasaran,” terang dia.

Kami mencoba memberikan pelatihan dan menggelontorkan modal  berkisar Rp 200 juta, pungkas warga GKB ini.

Selain itu, tambahnya sambil menunjuk koleksi kain batiknya yang dipajang,  ada batik tulis damar kurung, pudak, sisik bandeng, dua naga dan giri lawasan. Ada pula kain batik Sambari, batik SBY dan batik Jokowi yang banyak dicari orang.

Untuk harga, dirinya mengungkapkan batik tulis ini dibanderol mulai Rp 250 ribu. Sedang untuk batik cetak harganya berkisar Rp 70 ribu-an.

” Batik Gresik ini merupakan warisan leluhur yang wajib dilestarikan,” ucap Siti Muafiyah dengan bangga.

Seperti saat mengikuti pameran di Mega Industri yang baru saja diadakan oleh pemkab Gresik, ternyata masyarakat membanjiri outlet Rumah Batik Sarinah.

Salah satu pembeli kain batik  di Rumah Batik Sarinah, Chintya (43)  seorang pegawai PT. Petrokimia Gresik mengatakan  dirinya tertarik membeli di outlet ini karena  disamping harga terjangkau dan motifnya bagus. ” Banyak yang suka,” katanya.

Dirinya, setiap hari selalu mengunjungi outlet Rumah Batik Sarinah selama berlangsungnya pameran mega industri ini, hanya untuk membeli produk kain batik yang menarik minatnya, imbuh wanita karier ini.(rud/k 1)

Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan

2 Oktober 2022 - 19:49 WIB

Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan

2 Oktober 2022 - 14:57 WIB

Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong

23 September 2022 - 19:18 WIB

demo BBM Nelayan

Agar BUMD Gresik Tidak Merugi, Ini Solusinya

17 September 2022 - 16:16 WIB

Pemuda Bedanten Tagih Janji Ring 1 KEK

10 September 2022 - 09:39 WIB

Nelayan Campurejo Menagih Janji PT Gresik Migas

7 September 2022 - 17:33 WIB

Trending di BISNIS