Menu

Mode Gelap
Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik Pantura Gresik Dikepung Banjir Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

BISNIS · 1 Nov 2016 21:29 WIB ·

Rumah Batik Sarinah Komitmen Majukan Batik Gresik


 Rumah Batik Sarinah Komitmen Majukan Batik Gresik Perbesar

rps20161101_210503_795.jpg

Kabargresik.com- Rumah Batik Sarinah siapa tidak kenal. Salah satu rumah batik  ditengah kota Gresik yang memperkenalkan batik tulis maupun cetak khas Gresik.

Produk batik ini, menurut Owner Rumah Batik Sarinah Siti Muafiyah kepada kabargresik.com merupakan hasil karya sejumlah perajin di Cerme dan beberapa kecamatan di Gresik. Selama ini, dirinya telah melakukan pembinaan sejak lima tahun lalu.” Kami sudah melakukan riset ke sejumlah perajin batik di Gresik. Saat itu kondisi mereka mati suri karena terkendala modal dan pemasaran,” terang dia.

Kami mencoba memberikan pelatihan dan menggelontorkan modal  berkisar Rp 200 juta, pungkas warga GKB ini.

Selain itu, tambahnya sambil menunjuk koleksi kain batiknya yang dipajang,  ada batik tulis damar kurung, pudak, sisik bandeng, dua naga dan giri lawasan. Ada pula kain batik Sambari, batik SBY dan batik Jokowi yang banyak dicari orang.

Untuk harga, dirinya mengungkapkan batik tulis ini dibanderol mulai Rp 250 ribu. Sedang untuk batik cetak harganya berkisar Rp 70 ribu-an.

” Batik Gresik ini merupakan warisan leluhur yang wajib dilestarikan,” ucap Siti Muafiyah dengan bangga.

Seperti saat mengikuti pameran di Mega Industri yang baru saja diadakan oleh pemkab Gresik, ternyata masyarakat membanjiri outlet Rumah Batik Sarinah.

Salah satu pembeli kain batik  di Rumah Batik Sarinah, Chintya (43)  seorang pegawai PT. Petrokimia Gresik mengatakan  dirinya tertarik membeli di outlet ini karena  disamping harga terjangkau dan motifnya bagus. ” Banyak yang suka,” katanya.

Dirinya, setiap hari selalu mengunjungi outlet Rumah Batik Sarinah selama berlangsungnya pameran mega industri ini, hanya untuk membeli produk kain batik yang menarik minatnya, imbuh wanita karier ini.(rud/k 1)

Artikel ini telah dibaca 266 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hoaks OTT OPD Gresik Pengaruhi Psikologi Pejabat

25 Januari 2023 - 18:01 WIB

Susul Amazon Hingga Microsoft, Spotify Bakal PHK Karyawan Pekan Ini

24 Januari 2023 - 08:46 WIB

Mesir Teken Perjanjian Pembiayaan 1,5 Miliar Dolar AS dengan ITFC

23 Januari 2023 - 23:45 WIB

Yanuris Komitmen Menjadikan Sekolahnya Ramah Anak

23 Januari 2023 - 20:09 WIB

Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM

23 Januari 2023 - 10:37 WIB

FAY: Industri Harus Ada Kemanfaatan Lokal, Jangan Jadi Beban Daerah

20 Januari 2023 - 23:17 WIB

Fandi Ahmad Yani (FAY)
Trending di BISNIS