Sambari Tekan Kades Untuk Pelihara Pohon OBIT

#

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menghimbau para Camat untuk memberikan penghargaan pada Kepala Desa (Kades) yang berhasil melakukan penghijauan dengan prosentasi hidup tanaman paling tinggi.

Himbauan Bupati ini disampaikan saat membuka One Billion Indonesia Trees (OBIT) atau gerakan penanaman 1 milyar pohon untuk dunia yang dilaksanakan pada Jum’at (18/2) di lapangan desa Mojosarirejo, Driyorejo Gresik.

One Billion Indonesia Trees (OBIT) yang dibarengi dengan gerakan Perempuan menanam dan pelihara pohon oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik, juga masuk dalam rangkaian peringatan HUT Pemkab Gresik ke 37 dan Hari jadi kota Gresik ke 524 Tahun 2011.

Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama perusahaan yang telah ikut membantu dan bekerjasama yaitu, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Bersihati, PT Petrokimia Gresik, PT Semen Gresik, PT Smelting, PT Karunia Alam Segar, PT Miwon Indonesia, PT Surya Tama Mega Cemerlang, PT Surya Kertas, PT Petrocentral, PT Petro Oxo Nusantara.

“kegiatan ini sebagai upaya untuk merehabilitasi dan konservasi alam. Untuk itu kami mohon dukungan baik individu maupun massal. Kami mohon dukungan Camat menyisihkan anggaran untuk para kades sebagai hadiah bagi kades yang mempunyai prosentase pohon lebih banyak yang hidup.” Pinta Sambari. Bahkan saat menyerahkan pohon kepada para kades, Bupati sempat memberikan warning “saya serahkan pohon ini dalam keadaan hidup, pada akhirnya pohon ini harus tetap hidup” ujarnya serius.

Kepala Badan Lingkungan Hidup, Drs. Siswadi Aprilianto, MM melalui kabag humas, Andhi Hendro Wijaya mengatakan, sejumlah pohon disumbang oleh PT Petrokimia Gresik 10 ribu batang, PT Semen Gresik 6 ribu batang, Dinas Pertanian 600 batang, dan Badan Lingkungan Hidup 500 batang, sementara ribuan yang lain disumbang oleh gabungan beberapa perusahaan.
Terkait program OBIT ini, Kepala Dinas Prtanian Ir. Agus Joko Waluyo menyatakan, sampai akhir 2010 telah ditanam sebanyak 73.200 batang pohon untuk seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Selama ini dukungan pengadaan bibit pohon itu didapat dari berbagai pihak dari Balai Pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Solo, dari APBD Gresik, dari PT Petrokimia Gresik dan dan dari organisasi masyarakat. (tikon)

About Editor02

Check Also

Ini Alasan DPUTR Tidak Bayar Air Giri Tirta Selama 6 Bulan

Gudang  Unit Reaksi Cepat (URC) Bima DPUTR Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Kebomas tak dialiri air dari Perumda Giri Tirta, pasalnya menunggak tagihan air selama 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.