Menu

Mode Gelap
Tragedi Kanjuruhan Duka Ponpes Mambaul Ihsan Anak Bayuurip Juga Korban Tragedi Kanjuruhan Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal

KESEHATAN · 10 Apr 2016 14:09 WIB ·

Tape Singkong Bisa Cegah Tulang Kropos


 Tape Singkong Bisa Cegah Tulang Kropos Perbesar

tape singkong rekkabargresik_  Bagi orang indonesia Tape Singkong bukanlah makanan yang asing, bahkan kita gampang menjumpainya di pasar-pasar tradisional sebagai makanan ringan yang murah, bamun manfaat tape singkong sangatlah banyak. mari kita pahami manfaat tape singkong ini.

Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan.

Tape adalah jenis makanan yang termasuk dalam makanan fermentasi. Tapi memiliki rasa yang sangat manis dan mengenyangkan. Selain itu tape mengandung alkohol karena telah diolah dengan proses fermentasi.

Tapai singkong adalah tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan tradisional ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tapai singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa Sunda).

Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Pada dasarnya tape adalah makanan matang setelah melalui proses kukus atau rebus. Pembuatan Tape Singkong

Tape menimbulkan rasa yang sangat khas karena dibuat dengan cara fermentasi yang melibatkan berbagai macam mikroorganisme.

Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tape biasa, yang basah dan lunak; dan tape kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Tape kering populer di daerah Priangan utara (Purwakarta dan Subang), dan dikenal sebagai buah tangan khas dari daerah ini (dikenal sebagai peuyeum gantung, karena diperdagangkan dengan digantung.).

Pusat penghasil tapai yang lainnya adalah Bondowoso, Jawa Timur. di Gresik Tape juga diproduksi oleh warga desa Abar-abir kecamatan Bungah.

Cara pembuatan tape juga melibatkan ragi tape. Ragi tape memiliki bentuk bulat tipis seperti koin dan biasanya akan dihancurkan dalam proses pembuatan tape. Mikroorganisme yang ditemukan dalam ragi tape antara lain adalah Rhizopus sp, Amylomyces rouxii, Saccharomycopsis fibuligera, Bacillus sp, dan Pediococcus.

Ragi tape biasanya akan bekerja lebih efektif apabila dijemur sebelum digunakan. Biasanya prosedur ini selalu dilakukan oleh pembuat tape.

lanjutkan membaca klik No 2

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Blower PT Hutan Lestari Terbakar 6 Korban Luka Parah

24 Juni 2022 - 19:41 WIB

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

23 Juni 2022 - 11:21 WIB

Ini Alasan Polres Gresik Hadang Truk Pengangkut Sapi

11 Mei 2022 - 09:06 WIB

Di Cek Bu Min : Sahli Sudah Tercover Bantuan Sosial

23 Maret 2022 - 23:32 WIB

Pelayanan Emergency Puskesmas Sidayu Sangat Buruk

16 Maret 2022 - 19:48 WIB

Untuk Lindungi Pekerja SP LEM SPSI Gresik Gelar Vaksin Boster

26 Februari 2022 - 12:16 WIB

Trending di KESEHATAN