13 Kecamatan Dikucuri Dana PNPM 34 M

Tahun 2013, Pemerintah Pusat mengalokasikan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) tahun 2013 sebesar Rp. 34 milyar.
Untuk persiapan pelaksanaan Program tersebut, Pemerintah Kabupaten Gresik menyelenggarakan Pelatihan untuk 760 orang pelaksana PNPM MPd tahun 2013. Para pelaksana program tersebut terdiri dari Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LKMD, LPKM. Pelatihan yang dilaksanakan dalam 2 gelombang sejak Selasa kemarin dilaksanakan di Ruang Mandala Bakti Praja dan di buka oleh Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si.
Menurut Koodinator Fasilitator PNPM MPd 2013 Kabupaten Gresik, Agung Tri HT melalui kabag Humas, Rabu (16/1). Program Nasional ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyangkut berbagai pihak pemangku kepentingan. Untuk itu pihaknya berharap ada koordinasi yang baik antara berbagai instansi. “ Kami mohon dukungan Tim Koordinasi Kabupaten Gresik. Karena Program ini melibatkan berbagai Instansi antara lain PMD, Bapeda, DPU, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan DPRD”. Ujarnya.
Dari dana sebesar Rp. 34 milyar ini, yang diperkirakan cair pada bulan April dan Mei 2013 dialokasikan untuk desa-desa yang ada di 13 Kecamatan masing-masing Kecamatan Wringinanom, Kedamean, Benjeng, Balongpanggang, Cerme, Duduksampeyan, Dukun, Panceng, Ujungpangkah, Sidayu, Bungah, Tambak dan Sangkapura.
Dari total dana tersebut, 25% dialokasikan untuk kegiatan simpan pinjam ibu-ibu. Sedangkan 75% lainnya dialokasikan untuk kegiatan  non simpan pinjam. Kegiatan non simpan pinjam dimaksud yaitu Pembangunan Sarana dan Prasarana di Pedesaan, Pelatihan pengembangan Sumber Daya Masyarakat di Pedesaan, Beasiswa Pendidikan dan pelayanan kesehatan masyarakat. “peruntukan dimaksud seluruhnya untuk masyarakat Keluarga miskin” tegas Agung.
Sementara dalam sambutan Pembukaan kemarin, Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si berharap agar perencanaan PNPM MPd 2013 ini lebih terkoordinasi antar berbagai pihak dan pemangku kepentingan. “rencana kegiatan ini hendaknya disinergikan dengan program Pemerintah maupun program yang ada di Masyarakat” katanya dihadapan 460 peserta pelatihhan gelombang pertama kemarin. Sedangkan pada gelombang kedua hari ini Pelatihan diikuti oleh 300 orang. (sdm)

About Editor02

Check Also

Geger Lelaki Gresik ini Nikahi Kambing Dengan Cara Islam

# Ada -ada saja  Warga Kabupaten Gresik, seorang laki-laki menikah dengan se-ekor kambing.   Kehebohan ritual …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.