Menu

Mode Gelap
Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM Bongkar Cara Culas Presensi ASN Kab Gresik Pantura Gresik Dikepung Banjir Dikdasmen PC Aisyiyah Benjeng Adakan Sosialisasi Bahaya TBC Bersama Tim Puskesmas Benjeng Pendangkalan Tambat Perahu Dan Susahnya BBM Nelayan Di Ngemboh, Ini Solusi Gus Yani

Lingkungan · 31 Des 2022 17:52 WIB ·

Pantura Gresik Dikepung Banjir


 Pantura Gresik Dikepung Banjir Perbesar

Gresik wilayah utara diantaranya Sidayu Ujungpangkah dan Panceng mengalami banjir. Cuaca ekstrem serta hujan intensitas tinggi sejak semalam membuat sejumlah desa tergenang banjir.

Sebelumnya, prakiraan BMKG Juanda menyebutkan cuaca ekstrem terjadi di dua Kecamatan Panceng dan Ujungpangkah. Peringatan dini itu berlaku 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Camat Panceng Ahmad Nasikh menyampaikan, dari 14 desa ada lima desa terdampak banjir di antaranya Desa Dalegan, Campurejo, Ketanen, Prupuh dan Banyutengah.

“Hingga saat ini masih tergenang utamanya di jalan penghubung antar desa, paling parah Desa Dalegan, tepatnya di Dusun Seberoh,” katanya, Sabtu (31/12/2022).

Menurut Nasikh, penyebab banjir diperkirakan karena hujan lebat dan drainase tak cukup menampung. Kondisi hujan lebat, imbuh dia terjadi sejak Pukul 03.00 WIB dini hari hingga Pukul 12.00 WIB siang.

“Sehingga air meluber ke jalan dan pemukiman. Di Banyutengah ada 15 rumah tergenang, di Campurejo satu ruko. Juga di Ketanan, ada jalan ambles sehingga TPT rusak,” ungkapnya.

Dalam penanganan kedepan, Camat Nasikh berupaya melakukan koordinasi lintas sektor. Di antaranya dengan BPBD Gresik maupun TNI-Polri.

“Alhamdulillah sudah komunikasi dengan BPBD. Kami imbau masyarakat waspada karena ini cuaca ekstrem, bahkan peringatan dini sudah dikeluarkan,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Ujungpangkah Arifin menambahkan ada dua yang terdampak banjir diwilayanya yakni Desa Cangaan dan Banyuurip.

Selain menggenangi rumah, terang Arifin hujan dan angin kencang membuat sejumlah pohon tumbang.

“Kami melakukan koordinasi,” ujarnya.

Sementara Pantauan lapangan di Sidayu, banjir terjadi di Alun-alun Sidayu dan desa Sedagaran. Walaupun tidak berlangsung lama. Terjadinya banjir di wilayah Sidayu akibat drainase yang kurang dioptimalkan oleh warga.

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hoaks OTT OPD Gresik Pengaruhi Psikologi Pejabat

25 Januari 2023 - 18:01 WIB

Yanuris Komitmen Menjadikan Sekolahnya Ramah Anak

23 Januari 2023 - 20:09 WIB

Didukung Bank Dunia, BPN Gresik Laksanakan Program PTSL PM

23 Januari 2023 - 10:37 WIB

Kapal kargo Fortuner terbakar di dekat Perairan Gresik

12 Januari 2023 - 22:52 WIB

Pohon Dan Tiang Listrik Roboh, Lalin JL Deandels Golokan Macet

10 Januari 2023 - 19:11 WIB

595 Warga Bawean Akhirnya Pulang Dengan KRI dr. Soeharso

29 Desember 2022 - 22:20 WIB

Trending di PEMERINTAHAN