Bahar Bikin Sepeda Solar Cell

#

Upaya penghematan energi berbahan baku fosil banyak dilakukan oleh masyarat, tak terkecuali Bahar Rozikin warga Sekarkurung kecamatan Kebomas Gresik. Lelaki berprofesi sebagai tukang servis Dinamo ini menyulap sepeda Ontelnya menjadi sepeda ontel bertenaga surya.

Kerisauan hati Bahar Rozikin terhadap nasip anak-anaknya akan kelangkaan bahan bakar berbahan baku fosil mengilhami dirinya untuk membuat sepeda ontel bertenaga surya. Pria dengan dua anak ini memang suka bereksperimen, terutama dengan energi terbarukan seperti solar cell. Rumah Rozikin sendiri kini untuk suplai listriknya sudah mengandalkan tenaga surya.

“kami ingin memberi pelajaran berarti kepada anak saya perlunya inovasi energi, untuk itu kami mulai dari rumah,” Ujar Rozikin yang lulusan F- MIPA ITS ini. Rumah Rozikin sendiri suplai energinya 50% mengandalkan solar Cell.

Rozikin mengawali pembuatan sepeda tenaga surnyanya dengan merombak sepeda ontel mini yang biasa dipakai istrinya untuk berbelanja. “sepada milik istri hanya kami ambil rangkanya, kemudian saya modifikasi dengan menambahkan penopang di belakang untuk tiga roda lainnya,” jelas Rozikin.

Sepeda Solar Cell bikinan rozikin mempunyai empat roda, satu di depan dan lainnya di belakang.

Untuk menciptakan sepeda ontel tenaga surya ini Rozikin menanamkan dua Solar Cell di atas sepeda yang nantinya juga sebagai atap sepeda. Kedua Solar Cell ini masing – masing berukuran 45 X 90 Cm dan keduanya mampu menghasilkan energi 100 W 12 Volt DC.

Sistem kerja sepeda ontel bertenaga surya ini sederhana, Solar Cell yang juga dijadikan atap ini menerima energi dari sinar matahari kemudian energi disimpan di tiga baterei (accu) masing – masing 35 Ah sebanyak dua buah dan 12 Ah satu buah. Masing – masing battery berkekuatan 12 Volt DC.

Setelah battery penuh maka energi yang tersimpan akan digunakan sebagai penggerak motor DC yang diletakkan di roda tengah bagian belakang.

Yang menarik sepeda bikinan Bahar ini adalah, adanya dua tuas yang mampu dijadikan merubah kecepatan sepeda. Sepeda bertenaga Surya ini mampu melaju dengan kecepatan 25Km/jam dan baterainya mampu bertahan hingga pada jarak 30 Km per hari.

Untuk mewujudkan idenga ini Rozikin harus merogoh koceknya lebih dari 10 juta rupiah dengan pengerjaan selama 3 bulan. Sepeda milik Rozikin ini rencananya akan dibikin secara masal dengan penyempurna-an pada desain sepeda yang lebih ergonomis. (sutikhon)

About Editor02

Check Also

Geger Lelaki Gresik ini Nikahi Kambing Dengan Cara Islam

# Ada -ada saja  Warga Kabupaten Gresik, seorang laki-laki menikah dengan se-ekor kambing.   Kehebohan ritual …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.